Catatan Perjalanan Desa Bima Menuju Gampong Aceh Barat


Bima,Kabaroposisi--Cerita Kabid Dinas DPMdes Faisal dalam perjalanan di Aceh Barat pada saat mengunjungi sebuah lokasi desa Melalui tulisannya.

Ceritanya Dinda awal nya hanya sebuah cerita,"Ayo Mas Faisal kita ke lokasi." saya jawab ." Pak Marwan Kompak Aceh memulai semangat baru untuk kegiatan hari ini.

Sesampai di lokasi acara, tepatnya di Aula Bappeda Kabupaten Aceh paling tidak ada 5 orang sangat ramah bertanya hal yg sama "sejak kapan di Aceh..??" dan sayapun menjawab "sejak kemarin malam ta

Peserta di Aula ternyata udah rame, ada Kepala Gampong, ada Camat, Bappeda, DPMG dan OPD terkait.dan satu persatu saya perhatikan mereka semua, ternyata tidak ada satupun yang "mpena ilu", dou Aceh.

"Tiba waktunya akan kita dengarkan pembelajaran tentang DINDA, yang akan disampaikan oleh Pak Faisal dari DPMD Kabupaten Bima." kata pembawa acara.

Ketika tampil, ciri khas salam dengan kata-kata pembukaan berbahasa arab fasih, tidak lupa saya tampilkan dengan bangga.

Yang menarik bukan muqaddimah bahasa arabnya, tapi ketika DINDA mulai ditunjukin maksud tujuan, indikator dan variabel penilaian nya, mulai terlihat "slowmotion" anggukan kepala berkali-kali dari para peserta.

Apalagi ketika saya menjelaskan "DINDA efek" pada mereka semua, nampak seperti melihat makanan 4 sehat 5 sempurna yg tinggal disantap.

Camat Aceh Barat berpendapat, dulu tahun 2017 Desa Maria-Bima juara harapan 3 lomba desa tingkat nasional dan Gampong Aceh juara harapan 2 satu tingkat lebih tinggi dibanding Bima, dan hari ini melalui Inovasi DINDA nya Bima satu tingkat lebih baik dibandingkan Aceh Barat. Wuaoooooo.. bungkus.

DINDA "efek" membuat orang Aceh berkata "bungkus..."

Dicatat setelah Ishoma, di Aula Bappeda Aceh Barat, and sampai ketemu di catatan perjalanan berikut nya.
23072019

Bersambung esoknya,
Selesai sholat subuh, saya keluar hotel untuk jalan-jalan pagi, dan ini jalan pagi yg kedua selama di Aceh Barat. "Alhamduuuuuu lillaaaah.."

Saat jalan pagi dimaksud, tidak sengaja saya menemukan nama jalan unik, yang tidak pernah saya temukan dimanapun, yaitu JL. IKHLAS dan kemudiam saya foto sebagai ispirasi catatan berikut nya..

Yang menarik adalah, view jalan ikhlas nya lurus panjang kedepan, dan dipenghujung jalan ada tikungan. Allahuakbar.Allahuakbar.Allahuakbar.

Do'aku pagi ini, semoga jalan ikhlas kita semua tidak dibelokkan oleh pandangan kasat mata bahwa di depan ada tikungan.

Semoga bermanfaat. Dicatat saat sarapan pagi, and sampai ketemu di catatan perjalanan berikut nya
24072019.(Opini)

No comments

Powered by Blogger.