Pemdes Mpuri Tuntaskan Panitia BPD dan Pilkades

Bima,KabarOposisi--Pemerintah Desa Mpuri kecamatan Madapangga kabupaten Bima-NTB melaksanakan rapat pembentukan panitia pelaksana Pememilihan Badan Permusyawaratan Desa dan Panitia Pilkades, Jum'at (12/07/2019) dan Sabtu(13/07/2019).

" Pembentukan panitia pelaksana pemilihan BPD ini, berdasarkan surat keputusan Bupati Bima Nomor 188.45/536/06.16 Tahun 2019, Tentang Tahapan pengisian Anggota BPD, pembentukan panitia pengisian BPD dimulai Tanggal 6 s/d 11 Juli 2019," Terang Pj Nasaruddin S.Sos.

Dalam persiapan menghadapi kontestasi pemilihan serentak Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Bima sebanyak 191 Desa, sedangkan proses penjaringan dan pengisian Anggota BPD dilakukan antara Tanggal 30 Agustus s/d 18 September dan Pilkades 16 Desember 2019.

Hadir dalam rapat tersebut, Perwakilan Polsek,Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua BPD Mpuri Akmal Amar beserta jajarannya, Beserta jajaran, Tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh Pemuda.

Nasaruddin menjelaskan, bahwa pembentukan Panitia ini berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2008 tentang Pedoman
Pembentukan Lembaga Kemasyarakatan Desa (Lembaran
Daerah Kabupaten Bima Tahun 2008 Nomor 5, Tambahan
Lembaran Daerah Kabupaten Bima Nomor 05).

" Ditambah dengan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pokok-
Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah (Lembaran Daerah Kabupaten Bima Tahun 2008 Nomor 6, Tambahan
Lembaran Daerah Kabupaten Bima Nomor 29)," ungkap Pj.

Kata dia, dalam pembentukan panitia pelaksana ini, akan dipilih 11 orang yang terdiri dari tiga orang  perwakilan Pemerintah desa dan delapan orang perwakilan dari masing-masing," katanya.

Berdasarkan hasil rapat pembentukan Panitia, adapun Nama-nama yang terpilih sebagai ketua panitia pengisian BPD yakni Ketua Saiful,wakil ketua Ihwan Abidin, Sekretaris Juwaid A.Kasim S.Pd.

Sambung Pelaksana Tugas(Pj) Hal itu sesuai dengan Peraturan Daerah (Raperda) Nomor 15 Tahun 2017 tentang BPD dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa.

Dirinya berpesan kepada Panitia terpilih, agar dalam melaksanakan tugas tetap berpedoman pada aturan yang berlaku, serta mengedepankan sifat independent dengan menjunjung tinggi nilai demokrasi yang ada, tanpa ada tendensi dari pihak-pihak tertentu," pintanya.

Akmal Amar ketua BPD mengungkapkan ketua Pilkades yang dibentuk pada Sabtu(13/07/2019) yakni ketua M.H.Jafar,wakil ketua Drs.M.Iksan, Sekretaris Alwi.S.Pd, Bendahara A.Talib Yasin, Anggota Yanto, Muhammad MT.Sp,Safran,S.Pdi.

Dirinya berharap kepada semua panitia Pilkades agar dapat bekerja dengan ikhlas dan netral tanpa mendukung salah satu para kandidat yang ada," Harapnya.(K001)

No comments

Powered by Blogger.