Dinas PUPR Kabupaten Bima Laksanakan Kegiatan Peletakan Batu Pertama Pembangunan DI Sari Nggembe




Bima,Kabaroposisi--Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bima NTB, melalui Kepala Bidang Pembangunan, Pembinaan dan Pengairan (PPP), Jaharuddin ST MT MSi didampingi koordinator Kegiatan Kab Bima (Kasi PPP) M Nurul Huda ST MT. Meletakkan Batu pertama sebagai tanda dimulainya proses pembangunan DI Sari Nggembe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.

Peletakan batu pertama tersebut, juga dilakukan oleh Camat Bolo, Mardianah SH, Pj Kades Nggembe Adnan S. Sos, Anggota BPD, perwakilan Tokoh Masyarakat. Kegiatan itu, disaksikan oleh Kontraktor pelaksana, Ilham serta sejumlah staf desa setempat. Pada Senin (5/8/2819).



Untuk meletakkan batu pertama DI setempat, Jaharuddin mengatakan, bahwa kehadiran pihaknya mewakili Kepala Dinas PUPR Kab Bima untuk meletakkan batu pertama terkait pembangunan DI Sari Nggembe," Semoga dengan telah dilaksanakannya peletakan batu pertama ini mendapatkan ridho dan keberkahan dari Allah SWT, sehingga berjalan dengan baik hingga cepat di gunakan untuk kebutuhan masyarakat yang ada. Lebih khusus para petani nantinya. "Ujarnya.

Dikatakan, program DI ini merupakan bagian dari Visi Misi Bupati Bima yang terkandung dalam "BIMA RAMAH", yang salah satunya memberikan kesejahteraan akan kebutuhan air bagi masyarakat petani. "Ini bentuk perhatian pemeritah daerah dalam mewujudkan kebutuhan masyarakat secara merata yang sebelumnya diusulkan melalaui Pemerindah Desa setempat pada beberapa tahun silam, dan direalisasikan pada tahun 2019 ini, "katanya.



Menurut dia, pembangunan DI Sari Nggembe ini, dianggarkan melalui DAK Subbidang Irigasi Thun 2019, termasuk 11 paket lainya. Dan untuk pembangunan DI Sari Nggembe anggaranya senilai Rp1,7 Miliar. Yang dalam pekerjaanya dilakukan oleh CV. SURABAYA Kota Bima. Katanya.

Lanjutnya, DI Nggembe sendiri, ada dua jenis aitem pekerjaan yang dilakukan yaitu, pembangunan DI itu sendiri serta pembuatan saluran Drainase sepanjang kurang lebih 60 Meter. Ungkapnya.

Kabid PPP PUPR Kab Bima yang juga selaku PPK ini menjelaskan bahwa tahun ini Pemerintah Daerah ada sebanyak 11titik pekerjaan pembangunan yang dilakukan, sejumlah titik/lokasinya tersebar di berbagai wilayah Kecamatan se Kabupaten Bima, seperti diwilayah Kecamatan Palibelo, Sape, Wawo, Bolo, Madapangga, Donggo dan Sanggar. "Alhamdulillah kalau yang lainya sedang tahapan proses pekerjaan, dan sekarang DI Sari Nggembepun proses pekerjaanya sudah dimulai hari ini. Dengan total anggaran kurang lebih senila Rp10, 9 Miliar, "tuturnya.

Untuk menjamin pekerjaan tersebut, pihaknya berharap kepada pihak pelaksana pembangunan DI Sari Nggembe ini dan juga DI di lokasi lainya dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab, "kami harap mereka (Kontraktor red) dapat bekerja sesuai dengan bestek yang ada, sehingga bangunan yang ada asas manfaatnya bisa digunakan oleh masyarakat dalam waktu yang lama. Sesuai Kontrak kerjanya sambungnya, bangunan ini akan di kerjakan selama 120 hari Kalender kerja. "Pungkasnya.

Ditempat yang sama Camat Bolo Mardianah SH, menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Bima melalui Dinas PUPR Kabupaten Bima yang sudah merealisasikan sehingga terwujudnya pembangunan DI Sari Nggembe ini, tentunya dengan telah dimulainya pembangunan DI Sari Nggembe lanjut camat bisa dimanfaatkan lebih awal pada saat masa tanam Musim Hujan Nantinya.

Dikatakan juga bahwa DI Sari Nggembe merupakan salah satu Dam yang mengairi kurang lebih 150 Hektar lahan persawahan masyarakat. Untuk itu sambung dia, dirinya juga berharap agar Pemerintah Desa (Pemdes) Nggembe dapat sama sama menjaga serta melanjutkan kegiatan pembangunan Dam Sari ini, terutama saluran irigasinya. "Saya harap masyarakat dan Pemdesnya bisa melanjutkan pembangunan irigasinya, sehingga debit air bisa disalurkan dapat berjalan dengan baik hingga ke lahan pertanian warga. "tandasnya (KO01)

No comments

Powered by Blogger.