Jender Pali Donggo Bolo,Resmi Mendaftarkan Diri Sebagai Cakades

Bima,Kabaroposisi--Hj Sumarni Jender dari desa Donggobolo kecamatan WOHA,Kabupaten Bima,Provinsi NTB,resmi mendaftarkan guna ikut pada pemilihan pilkades serentak desember 2019.

Pantaun media ini dari kediamannya hingga kantor desa Donggo Bolo jender hadir bersama massa pendukung dan beberapa kandidat calon kades. Arak-arakan bak pengantin yang akan dinikahkan dirinya diantar oleh masaa dusun Pali desa Donggo Bolo,sekitar pukul 04.30 Wita, hari minggu(18/08/19).

Terlihat kedatangan Hj.Sumarni satu-satunya duta jender yang ikut mendaftarkan diri ikut sebagai bakal calon Kades. Kehadirannya diterima langsung oleh panitia pilkades di kantor desa setempat.

Ketua panitia pilkades Donggo Bolo Arifin S.Pd pada saat menerima berkas Hj Sumarni menyampaikan saat ini telah tujuh kandidat yang telah mendaftarkan diri ikut pada pilkades Donggo Bolo.

"Dirinya saat itu menegaskan bahwa pencalonan kepala desa yang berhak akan ikut pada pemilihan kepala desa serentak berdasarkan peraturan daerah nomor 5 tahun 2018, Jikalau lebih dari lima yang menganjukan bahan sebagai calon  berdasarkan aturan yang ada hanya lima orang saja akan ditetapkan sebagai kandidat," jelasnya.

Sambungnya,secara otomatis dua calon akan tersingkir dari verifikasi bahan calon. Pada saat itu dirinya sampaikan berkas Hj Sumarni tidak ada kendala.

Masih kata dia,Penilaian bakal calon akan berdasarkan peraturan daerah nomor 5 tahun 2018 tentang pemilihan pilkades, apabila lebih dari lima bakal calon maka akan dilakukan penilaian. Tiga Aspek menjadi dasar dari penilaian yakni Pengalaman kerja dengan total nilai 30 porsen,pendidikan 40 porsen,usia 30 porsen," katanya.

Sambungnya,Verifikasi vaktual akan dimulai besok (19/8-7-9/9) selama 20 hari waktu penetapan calon resmi. Kalau ada usulan warga terkait tiga item akan disaring panitia selama tahapan proses verifikasi," jelasnya.

Disingung dengan DPS saat ini berjumlah 1440 pemilih dari empat dusun yang ada. Dari  awal pendaftaran dibuka pada 08/08-18/08/2019 susunan para calon yang telah mendaftar yakni Jufri Abdullah pada senin 12/8/19,pada Rabu M.Ali,Tolhab S Sos,kamia Azis,pada hari Jum'at Maradona,sedangkan pada hari terakhir pada pagi harinya Junaidin datang dengan naik kuda sedangkan Hj Sumarni sore harinya diarak dengan rebanan bak pengantin.(K001)

No comments

Powered by Blogger.