Pelaksanaan Pilkades Serentak Masih Jauh Dari Kesempurnaan

Bima,Kabaroposisi--Sesungguhnya pilkades serentak ini masih jauh dari kesempurnaan aturan dan regulasi sehingga Bupati Bima untuk segera menyempurnakannya melalui perbup,hal ini menyangkut dengan urusan Pilkades serentak se-kabupaten Bima pada Desember 2019 ini.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Sumi Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima,NTB,Jasmin,S.Pd pada Selasa (6/8/19).

Walaupun sudah ada dua perbup sebelumnya, hal itu masih kurang sehingga.Perbup penyempurnaan nya adalah yang ke tiga ini, semoga Bupati Bima segera membenahi Perbup itu” harapnya.

Jasmin tidak ingin ada gesekan aturan yang membuat kualitas pilkades menjadi bermasalah di kemudian hari sehingga dirinya pun sering melakukan rapat kordinasi dengan BPMDes dan Bagian Hukum Pemkab Bima.

Disisi lainnya Jasmin mengucapkan Syukur Alhamdulillah, perjuangannya selama ini sebagai Ketua Panitia Pilkades Desa Sumi Kecamatan Lambu sukses memperjuangkan beberapa hal yakni Kekurangan honor panitia Pilkades serentak bergelombang ke-2 di 82 Desa se-Kabupaten Bima Tahun 2019 dari alokasi honor panitia hanya 4 bulan menjadi 7 bulan sesuai beban kerja. Perbaikan honor dimaksud akan dialokasikan pada APBD Perubahan.

Selain itu ada kesuksesan lain yang telah diperjuangkan yakni  poin-poin penting terkait persyaratan teknis Calon Kades yang lebih dari 5 orang yang masih lemah pada regulasi:Permendagri 64/ 2017, Perda no. 5/2018, dan Perbup no.24/ 2019 tentang Pemilihan Kepala Desa yang dikritisi oleh panitia Pilkades Desa Sumi telah dilakukan perbaikan/penguatan regulasi melalui penjelasan Bab dan pasal-pasal pada Perbup terakhir.

Sambungnya,pilkades bukan hanya soal kompetisi demokrasi para kandidat namun juga pertaruhan reputasi dan trust publik terhadap Panitia. Maka Pemerintah wajib memberi apresiasi yang patut” tegas Jasmin.

Ditambahkannya,dari point- point usulanya yang ada, dirinya meminta pada Bupati Bima agar senantiasa meresponnya dengan seksama," Pintanya.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE yang di mintai tanggapannya oleh media ini menyebutkan terimaksih pada semua pihak yang telah memberikan masukan positif untuk kelangsungan pilkades serentak.

Dan Bahkan Dae Dinda sapaan akrab Bupati Bima menghimbau kepada seluruh lapisan masayatakat kabupaten bima untuk tetap menjaga kerukunan dan keutuhan bersama. “Kami sudah lakukan rapat koordinasi lintas SKPD terkait masalah tersebut dan Insya Allah semua menjadi atensi pemerintah kabupaten bima dalam rangka penyempurnaan nya” demikian Tandas Dae Dinda(K001)

No comments

Powered by Blogger.