Polsek Tambora Sigap Tangani Karhutla

foto:Saat Anggota Polsek Tambora Tangani Kebakaran Hutan.
BIMA,Kabaroposisi--Sigapnya jajaran polsek Tambora menyikapi Karhutla ditandai dengan kemampuan mereka dalam cepat antisipasi kebakaran lahan seluar 50 Area.

Kapolsek Tambora IPDA NURDIN Bersama personelnya  hari Jumat, 18 Oktober 2019 pukul 08.30 wita, bertempat di lahan gunung Desa Kawinda Toi  Kecamatan Tambora Kabupaten Bima telah melakukan pemadaman api terhadap kebakaran lahan seluas sekitar 50 area. 

Melalui via hanphone saat dihubungi media ini Ipda Nurdin menyampaikan kebakaran ini kuat dugaan dibakar oleh warga  Desa Kawinda Toi dengan tujuan membersihkan lahan untuk persiapan musim tanam jagung. 

Lebih lanjut dia ceritakan, pada awal diketahui  terjadinya karhutla adanya informasi dari masyarakat bahwa telah terjadi kebakaran lahan di gunung Desa Kawinda toi. 

Kemudian kapolsek bersama personelnya langsung menuju lokasi kebakaran dan terlihat jarak pandang dari arah jalan raya sekitar 100 meter, sesampainya di lokasi terlihat beberapa pohon kecil yang sudah ditebang, rumput kering dan kumpulan daun pohon kering yang terbakar, selanjutnya personel polsek tambora langsung memadamkan api dengan peralatan yang disediakan oleh Satgas Karhutla Polres Bima serta alat seadanya di sekitar lokasi.Beberapa titik api berhasil di padamkan pukul 12.00 wita. 

Kapolres Bima AKBP BAGUS S.WIBOWO S. Ik melalui IPTU HANAFI  menghimbau kepada masyarakat, mengingat saat ini kondisi panas dan angin kencang  maka apabila mau membakar lahar miliknya untuk persiapan tanam jagung  agar semak belukar di potong dan di kumpulkan pada satu tempat  dan membuat sekat supaya api  tidak menjalar ke lokasi lain atau ke hutan maka pemilik lahan harus di jaga , setelah selesai  dan   yakin api sudah padam baru meninggalkan lokasi.(koo1)

No comments

Powered by Blogger.