Sijago Merah Lahap Hutan Dekat PT. SMS, 300 Ha Tebu Hangus Terbakar

DOMPU,Kabaroposisi-- Sijago merah kembali beraski di wilayah dompu. Peristiwa kebakaran hebat ini terjadi dibarak PT. Sukses Mantap Sejahtera (SMS) dan merembet ke 
Taman Nasional Tambora, desa soritatanga kecamatan Pekat kabupaten Dompu NTB.

Kebakaran hebat tersebut sangat cukup luas kurang lebih satu kilo dari barak sampai sekarang api belum bisa di dipadamkan karena tiupan angin yang sangat kencang. terjadi Sabtu (19/19) pada pkl 16.45. Wita

Kapolres Dompu melalui Kapolsek Pekat IPDA Abdul Malik, SH yang dikonfirmasi oleh Media ini, mengatakan, sumber api awalnya diduga berasal dari sebelah utara Hak Guna Usaha (HGU) kawasan PT. UTL yang digarap masyarakat sekitar.

Lanjutnya Peristiwa kebakaran tersebut Pada saat ini api sudah merembes sampai di belakang PT. BA, PT SMS, taman nasional tambora, Doro mboha dan pintu dua Desa Soritatanga. Akibat dari kebakaran tersebut  300 Ha tebu milik PT. SMS hangus terbakar," jelasnya.

Upaya yang dilakukan bersama team gabungan taman nasional tambora, polsek pekat, koramil 1614 - 05 Pekat, bersama pihak PT. SMS dan sampai pada saat ini bersama masyarakat masih berusaha untuk melakukan memadamkan api menggunakan mobil tengki air dari PT.SMS.

Sampai dengan pukul 19.10 Wita sekarang api belum bisa dipadamkan karena tiupan angin yang masih sangat kencang, karena tebu dan rumput yang sudah kering sehingga mudah untuk terbakar dan merambet kemudian merambat menuju lahan tebu milik PT SMS, dan sulitnya medan untuk dilalui oleh mobil tengki air".  Ujarnya.

Kata dia, Pada Saat ini pada pkl 21.00 Wita untuk api yang dekat pemukiman warga di PT. BA Dusun Sorimangge dan Doroncanga sudah dapat dipadamkan dan api pada saat ini masih menyala ke arah gunung di Dusun Mekar Sari desa Soritatanga. 

Petugas gabungan dari Taman Nasionsl Tambora, masyarakat bersama TNI - Polri masih melakukan upaya pemadaman dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran.tutupnya (Koo2)

No comments

Powered by Blogger.