Dikbudpora Gelar Anugerah Kurikulum 2019

foto:Kadis Dikdubpora Kabupaten Bima Zunaidin S.Sos.MM saat memberikan hadiah.
BIMA,Kabaroposisi--Jelang tutup tahun 2019, Dinas Dikbudpora Kabupaten menggelar Anugerah Kurikulum 2019 atau AK2019. Kegiatan yang  baru pertama kali dihelat dalam sejarah panjang Dikbudpora ini dimaksudkan sebagai momentum puncak pemberian penghargaan - penghargaan atas prestasi - prestasi yang diraih peserta didik dalam lomba - lomba di Lingkup Seksi Kurikulum Pendidikan Dasar.

Selain itu, AK2019 merupakan instrumen untuk menguji keberhasilan kepala sekolah dalan menjalankan sistem tata kelola satuan pendidikan yang dipimpinnya. Sekolah - sekolah yang nilai baik dalam pengelolaan sekolahnya, diberi penghargaan dengan predikat Sekolah Penyelenggara Kurikulum Terbaik. 

Hal tersebut dikemukakan Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Dasar SD dan SMP Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima, Dr. Karyadin ketika menyampaikan laporan  dalam acara tersebut.  Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Sinar AS Bolo, Kamis (14/2019).

Menurut Doktor lulusan Universitas Negeri Jakarta tersebut, bermutu tidaknya pendidikan suatu daerah bergantung pada keterpenuhan standar nasional pendidikan. Hal itu lanjut Ketua Forum Doktor Dana Mbojo tersebut, terurtama mememenuhi standar minimal. Untuk memenuhi standar nasional tersebut, diperlukan usaha - usaha sistem untuk melakukan intervensi strategis terhadap satuan pendidikan yang dianggap sebagai sekolah - sekolah terbelakang.
"Untuk mewujudkan 20 GRP itu, kita memang perlu melaksanakan sosialisasi dan implementasi 20-GRP secara maraton dan berkelanjutan, ujarnya

Lanjut petikan. "2019 kita sudah canangkan 20_GRP ini, karena itu, 2020 adalah tahun implementasinya. Untuk itu, perlu daya dukung fiskal daerah yang memadai", ujar penggagas pembentukan Kabupaten Bima Timur ini.

Sementara itu, kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima, Zunaidin, S.Sos.,MM  dalam sambutannya menegaskan dirinya memiliki komitmen besar dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Bima. Bahkan dirinya menyatakan siap pasang badan terhadap hal - hal yang mengganggu para tenaga pendidik dan kependidikan dalam berkerja sehingga mengganggu iklim kerja di dunia pendidikan. 

Sebagai leading sektor pendidikan, pihaknya akan terus berkerja keras menata sistem pendidikan di Kabupaten Bima ini. Karena itu, mantan kepala Dinas Dukcapil ini melakukan program reformasi birokrasi dengan membentuk Tim Takola Dinas sebagai unit kerja yang membantu merumuskan kebijakan dan memberi rekomendasi atas berbagai hasil kinerja komponen pendidilan strategid lain seperti kepala sekolah, pengawas dan lainnya. Anugerah Kurikulum 2019 menurutnya sebagai instrumen penting dalam mendorong motivasi berprestasi bagi peserta didik.

Adapun lomba-lomba yang telah digelar seperti OSN, Cerdas Cermat, MTQ Siswa, Dai/Daiyah, Lomba Mapel, Visi Misi Kepempinan OSIS SMP, lomba Baca Puisi, dan lain. Lomba ini juga turut disponsori Bank NTB Syariah, dan BNI.(koo1)

No comments

Powered by Blogger.