Kades Diminta, Menjadi Garda Terdepan Dalam Mewujudkan Bima Ramah

BIMA,Kabaroposisi-- Tanpa Kepala Desa Menjadi Garda dalam mewujudkan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima menuju Bima Ramah itu sangat sulit. Pasalnya Tanpa Kepala Desa (Kades) tidak menjadi garda terdepan demi terwujudnya Bima Ramah yang dicita citakan selama ini akan susah.

Pernyataan itu disampaikan Kepala DPMDes Kabupaten Bima, Tajudin, SH, MSi, saat Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di Kecamatan Bolo yang dilaksanakan di Desa Timu. Turut hadir pada kegiatan tersebut, Ketua DPRD M.Putra Feriyandi, Ir.Nggempo, Sekretaris Dikdubpora A.Salam Gani, Danramil Bolo, Camat Bolo, Kuptd Peternakan, Kepala Upt Puskesmas Bolo, serta seluruh Kepala Desa yang ada di Kecamatan Bolo,Sabtu 2 November 2019.

Hal senada juga dia sampaikan saat menggelar rapat Koordinasi Pembinaan Aparatur Desa di Kota Bima, Kamis (31/10/2019) dua hari lalu, bahwa Kades harus jadi Garda Terdepan.

Kata Tajudin, di era milineal ini bagaimana pun kita harus mewujudkan pemerintahan yang Good Governance yakni suatu penyelegaraan manajemen pembangunan yang solid dan bertanggung jawab yang sejalan dengan prinsip demokrasi. “Sehingga terwujud pemerintahan yang bersih, berwibawa dan berintegritas tinggi,” ujarnya.

Dijelaskan dia, dengan keluarnya Perbub masalah kewenangan desa. Maka desa dituntut untuk bisa menggerakan potensi potensi yang ada untuk memajukan dan mensejahterkan masyarakat. “Mereka juga dituntut untuk menyusun Perdes. Apalagi menghadapi tahun 2020 dengan desain anggaran baru, mereka tidak boleh fakum tapi harus lebih berinovatif,” jelas dia.

Selain diberikan pembinaan terkait pengelolaan Dana Desa, mereka juga diberikan pembinaan untuk menghindari Narkoba dan jenisnya. “Dalam pembinaan ini kita kerjasama dengan BNN. Lebih khusus terkait masalah Narkoba,” ungkap dia.

Kita menghendaki Kades dan jajarannya dapat menjalankan tugas dan fungsinya sesuai aturan yang berlaku. Yakni berdasarkan aspek aspek yang telah ditentukan. “Kades dan jajarannya harus mampu mengimplementasikan  kinerja yang baik sehingga terwujud Bima Ramah,” tutup dia.(koo5)

No comments

Powered by Blogger.