Laporan Segera Dituntaskan, Rencana Pengelolaan Dana Desa Tahap Tiga Fokus Pada Pemberdayaan

BIMA,Kabaroposisi--Kepala Dinas DPMDes Tajudin SH, MSi, meminta agar pemerintah desa segera menyelesaikan pelaporan penggunaan Dana Desa Tahap II.  Pasalnya, hingga saat sekarang sudah masuk bulan 11, akan tetapi dari 191 Desa yang ada dikabupaten Bima baru 14 desa yang baru menyelesaikan pencairan tahap ke-3 ADD.

Kata Tajudin,90 Porsen desa-desa belum mengajukan pencairan ini, oleh karena itu kami dalam waktu 2 bulan terakhir ini meminta agar pemerintah desa bisa memanfaatkan waktu. Apalagi dana Desa ini adalah untuk menopang seluruh kegiatan-kegiatan yang ada di desa terutama dalam konteks dalam kelancaran BBGRM," katanya saat itu.

Tegasnya saat itu, dalam mewujudkan visi misi Bima ramah tidak mampu dilakukan dan tidak bisa dilakukan oleh bupati dan wakil bupati saja. Akan tetapi seluruh perangkat yang ada yang paling dominan itu adalah desa, karena aspek pemberdayaan masyarakat sangat menentukan perwujudan pembangunan desa terutama dalam mewujudkan visi misi Bima Ramah". Tegasnya.

Sekarang tahap perubahan APBDes, pihaknya  mohon dalam perubahan ini betul-betul diperhatikan hal-hal dominan yang dianggap sangat mendesak untuk dilakukan oleh para Kepala Desa, demikian juga dalam desain anggaran tahun 2020 yang akan datang.

Lanjut Tajudin mengungkapkan, pada tahun 2020 kurangi pekerjaan-pekerjaan yang dianggap tidak mesti harus dilakukan salah. Seperti contohnya pembangunan TK paud, saat ini lebih banyak desa-desa ia mengarahkan anggaran itu untuk pembangunan fisik sekolah PAUD hal-hal yang seperti ini mohon menjadi referensi. Hal itu ujarnya, adalah bagian sektor daripada pendidikan tapi itu tidak dalam dominan untuk dianggarkan dalam ADD, sifatnya adalah bantuan jadi kegiatan-kegiatan macam ini perlu dievaluasi," pintanya.(koo1)

No comments

Powered by Blogger.