Buyung Himbau Pemdes Tanggap Akan Stunting

foto: Suasana Rembug Stunting Di Desa Rade, Kecamatan Madapangga, BIMA-NTB, Rabu 27 November 2019, di aula Kantor Desa.
BIMA,Kabaroposisi--Dalam rangka mensosialisasikan pentingnya Stunting Pendamping Desa, Pld Kecamatan Hingga P3MD Kemendes PDTT  Kabupaten Bima, ikut serta dalam kegiatan Rembug Stunting dalam rangka Konvergensi Pencegahan Stunting Tingkat Desa Terhadap sasaran Rumah tangga 1000 HPK di Desa Rade, Kecamatan Madapangga, BIMA-NTB, Rabu 27 November 2019. Turut hadir pada kegiatan tersebut selain polindes, Kader Pembangunan Masyarakat, Posyandu, unsur dinas Puskesmas Kecamatan, serta Bidan Desa, berlangsung di Aula Kantor Desa.

P3MD Kemendes PDTT Kabupaten Bima Buyung Nasution ST, sampaikan Kegiatan TPID merupakan program nasional. Stunting ini merupakan program Nasional yang wajib dianggarkan oleh Pemerintah Desa melalui Dana Desa," ujarnya.
foto: Buyung Nasution ST, P3MD Kemendes PDTT Kabupaten Bima.
Saat ini di kabupaten Bima dari 191 Desa yakni baru diangka 3,28 porsen. Program Stunting merupakan program kementerian Desa agar lewat dana desa bisa ditangani atau penanganan stunting berdasarkan keluhan rakyatnya agar bisa di konferjensi," terang Buyung Selaku TA kabupaten. 

"Konferjensi itu merupakan keterpaduan seluruh instansi terkait seperti dinas PU, dinas pertanian,dinas kesehatan,maupun dinas sosial,maupun dinas lain sebagainya. dimana keluhan rakyat ini bisa  bahu membahu menanganinya.

Lanjutnya, tentu saja semua yang berkenaan dengan masalah yang di hadapi oleh masyarakat pada saat musrembangdes, masyarakat memiliki kewenangan menyampaikan keluh kesan apapun masalah yang di hadapi", tuturnya.

Terkait program stunting ini kami bersama pemerintah daerah selalu sinergis maupun berupaya mengenjot setiap program positif guna menginginkan masyarakat kearah yang lebih maju dan sejahtera."kata Buyung Nasution.

Ditambahkannya pemerintah Desa berhak untuk menentukan anggaran Stunting itu lebih besar, ketika hal itu berdasarkan keinginan masyarakat atas kepentingan bersama. Tentunya hal itu melalui Musrembangdes, agar diprioritaskan 2020 ini," pintanya.

Hingga berita ini diturunkan Rembug Stunting di wilayah kecamatan Madapangga baru dua desa terlaksana yakni desa Rade, serta Ndano yang dilaksanakan hari ini. (Koo5)

No comments

Powered by Blogger.