Memperingati Hari Pahlawan ke 74 Berlangsung Dengan Khidmat

DOMPU,Kabaroposisi--Upacara memperingati Hari Pahlawan ke 74 setiap 10 November yang dilaksanakan di Lapangan Beringin Dompu, Minggu (10/11/ 2019) pukul 07.30 Wita berlangsung dengan khidmat.

Momentum hari Pahlawan dipimpin Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, selaku Inspektur upacara (irup). Para perserta pun terdiri dari unsur TNI, Polisi, Sat Pol PP, Dishub, ASN, para siswa sekolah dan lainnya.

Kegiatan tersebut Hadir pula Wakil Bupati Dompu, Sekda Dompu, Para Kepala OPD bersama jajarannya. Kapolres Dompu bersama jajaranya, Dandim 1614/Dompu yang diwakili Kasdim 1614/Dompu dan FKPD serta para Veteran.

Dalam amanat Mentri Sosial yang disampaikan Bupati Dompu mengimbau kepada para generasi masa kini agar menghargai jasa - jasa para pahlawan."Setiap Hari Pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia".

Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

Peristiwa Perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia.

Dengan Peringatan Hari Pahlwan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa "hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar". 

Selain itu peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak - anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan masa kini," ucapnya.

Usai upacara dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Dompu yang dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Lepadi Dompu.(koo2)

No comments

Powered by Blogger.