Semprot Massal Koptan Aneka usaha, Gandeng PPL

BIMA,Kabaroposisi--Kegiatan semprot masal pengendalian Hama dan Penyakit pada tanaman padi sawah di kelompok tani Aneka Usaha Desa Rade Kecamatan Madapangga, dilakukan guna menghilangkan Hama Wereng di lahan pertanian setempat. Kegiatan kelompok tani aneka usaha melakukan semperot masal Dengan cara swadaya, menggandeng PPl setempat, di lahan So Tolo Rade desa Rade, Senin 11 November 2019.

Penyuluh pertanian lapangan( PPL) desa Rade, Abdul Rahman S, ST menjelaskan penyemprotan ini dilaksanakan dapat memberikan pemahaman terhadap petani agar masalah penyakit yang menyerang tanaman padi terhindari. Hal ini dilakukan dalam pencegahan salah satu hama tanaman padi, maka seprot masal ini merupakan terobosan yang sangat maksimal bagi petani," terang Abdul Rahman.

" semprot dengan obat adalah mencegah salah satu hama tanaman padi yang dianggap berbahaya oleh petani, karena wereng hijau merupakan hama yang dapat menimbulkan penyakit tungro dan menyebabkan terjadinya kerdil rumput pada tanaman padi ". kata Abdul Rachman S,ST selaku PPL Desa Rade Senin (11/11/2019).

Masih kata dia "Cara kerja hama wereng hijau yakni dengan cara menghisap cairan pada tanaman padi yang terletak dibagian batang tanaman, kerusakan yang ditimbulkan oleh hama wereng hijau yaitu daun tanaman akan menguning atau kuning oranye, berkurangnya daya tumbuh terhadap jumlah anakan dan menghambat pertumbuhan tanaman secara total sehinngga tanaman terlihat kerdil atau pendek, bukan itu saja hama wereng hijau (green leafhopper) selain menghisap cairan juga dapat menularkan virus yang sangat mengakibatkan kerusakan yang fatal bagi tanaman, virus yang ditularkan oleh wereng hijau yaitu virus tungro, virus tungro sendiri merupakan virus yang dikategorikan berbahaya bagi tanaman padi". Jelas PPl Rade.

Ditempat yang sama, Irwan Syamsudin selaku ketua kelompok tani adanya penyemprotan masal ini tentunya kami memberikan apresiasi terhadap PPL Selaku penyuluh. Selaku petani dapat menerima ilmu pertanian langsung dan mampu mengajar di lapangan. Lebih jelas dia katakan Seprot ini adalah cara atau langkah bagai mana untuk menghindari dari virus yang berbahaya bagi kelangsungan pertumbuhan tanaman.

Penyemprotan ini sangatlah efektif dimana kami selaku petani bingung bagaimana cara pencegahan dari virus tersebut. Para petani kelompok bergandengan dengan PPL untuk menjawab persoalan yang di hadapi, melalui semprot masal ini adalah langkah yang  sangat tepat.(koo5)

No comments

Powered by Blogger.