Tajudin: Perangkat Desa Harus Jaga Netralitas Saat Pilkades

foto:Tajudin,SH,MSi, Kepala DPMDes Kabupaten Bima.
BIMA,Kabaroposisi--Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan dilaksanakan pada 16 Desember mendatang yang dilaksanakan oleh 82 Desa di Daerah Kabupaten Bima. Himbauan tegas Kadis DPMDes agar seluruh perangkat desa menjaga netralitas, demi terwujudnya suksesi Pilkades yang akuntabel sesuai harapan bersama.

Demikian disampaikan Kepala DPMDes Kabupaten Bima, Tajudin, SH, MSi, saat ikut serta hadir di Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) pada awak media ini, Sabtu 2 November 2019. 

Tajudin mengatakan, sebagai warga negara semua perangkat desa memiliki hak suara dalam pesta demokrasi termasuk pemilihan kepala desa. Namun perangkat desa dilarang untuk berpolitik praktis. “Perangkat desa harus menjaga netralitas selama Pilkades nanti,” katanya.

Tambahnya juga, bukan saja dalam pesta demokrasi pemilihan kepala desa, perangkat desa juga harus bersikap netral juga dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan digelar pada tahun 2020 nanti," tambahnya.

Ia menjelaskan, sebagai perangkat desa yang paham fungsi dan tugas serta undang-undang yang mengatur dan mengikatnya, perangkat desa sebenarnya sudah memahami hal itu. Namun dikhawatirkan masih ada yang nakal untuk terlibat politik praktis. Karena itu, perlu diberikan himbauan. “Harusnya memang mereka sudah memahami tentang larangan itu,” ungkapnya.

Ia berharap, semoga semua tahapan Pilkades berjalan dengan lancar, serta berjalan dengan aman dan damai. “Saya mengimbau juga kepada masyarakat agar menjaga Kantibmas menjelang Pilkades ini sehingga apa yang diharapkan terwujud nyata,” imbaunya.(koo5)

No comments

Powered by Blogger.