Akibat Dua SK Sekretaris, Warga Lune Blokir Jalan

foto: Situasi lobi pihak Polsek dengan Warga Pemblokiran Jalan Di Desa Lune.
Bima,Kabaroposisi.Com--Puluhan Warga Desa Lune Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu, menggelar aksi pemblokiran jalan menuju tempat pembuangan Sampah di desa setempat, Jum'at (27/12/19) sekira pukul 10.00 Wita.

Aksi pemblokiran dilakukan warga, tiba-tiba munculnya dua nama yang menjabat sebagai sekertaris Desa di Desa Lune. Atas persoalan tersebut, Warga menuding sengaja dipolemik oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Tidak hanya itu, massa aksi bahkan menyatakan sikap mosi tidak percaya terhadap Kepala Desa, Camat, DPMPDes dan Inspektorat Kabupaten Dompu.

Korlap aksi Irawan mengaku bingung dengan adanya dua nama yang menjabat sebagai sekertaris di Desa setempat. Pasalnya belum lama ini, Kades Lune mengeluarkan surat terhadap sekertaris baru (Suryadin red) untuk bekerja, sementara pelaksana tugas (Herman red) belum diberhentikan secara resmi," jelasnya.

Sebelumnya Kata dia, Suryadin memang menjabat sebagai Sekertaris Desa, namun di berhentikan berdasarkan laporan hasil pemeriksaan (LHP) Inspektorat kabupaten Dompu pada Agustus 2019 lalu. Sehingga Sekertaris dan Kepala Dusun To'a diperintahkan untuk diberhentikan.

" Namun ironisnya, sekertaris (Suryadin) yang sudah diberhentikan kbali diangkat oleh Kades, sementara Kepala Dusun To'a tidak diangkat, kok bisa begitu," tegasnya.

Menurutnya, Kades tidak boleh seenaknya mengangkat dan memberhentikan perangkat Desa semaunya, tanpa komunikasi dan koordinasi dengan BPD Desa Lune lebih lanjut," jelasnya.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Lune M. Ali mengungkakan pihaknya merasa kecewa terhadap Kades Lune, Camat, DPMPDes, dan Bupati Dompu mengeluarkan surat pengangkatan kembali sekretaris baru sementara sekretaris pelaksana tugas (PLT) masih bertugas di Desa," tandasnya.

" Suryadin ini sudah lama diberhentikan atas temuan itu, tiba-tiba diangkat kembali, lalu apa gunanya hasil LHP tersebut," tegasnya.

Ia juga merasa kaget saat menerima surat terkait pengangkatan sekertaris baru. " Kok ada dua Sekretaris di Desa Lune," kata Ali.

Pantauan di lapangan, pemblokiran jalan kembali dibuka setelah Kapolsek Pajo IPDA I KD Suadaya Atmaja,S.Sos melakukan upaya negosiasi terhadap massa aksi.

Hingga berita ini dimuat, massa aksi membubarkan diri secara aman dan tertib setelah mendapat jawaban dari pihak aparat.(K002)

No comments

Powered by Blogger.