Pilkada 2020, PAN Akan Tampil Sendiri

Foto: M.Aminurllah SE, Ketua DPD PAN Kabupaten Bima.
BIMA,Kabaroposisi--Rentetan tahapan pilkada yang sudah dilalui dengan Pendaftaran para kandidat calon Bupati atau wakil Bupati Bima sejak dilaunching KPU beberapa waktu lalu. Sekitar Bulan Juni 2019 Bakal Calon (Balon) yang diusung Partai Politik, mulai mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima.

Disatu sisi partai Golkar akan mengusung kader sendiri sebagai Balon Bupati Bima. Sepertinya tinggal menunggu pengesahan dari KPU yang memastikan Golkar kembali mencalonkan petahana, Indah Damayanti Puteri sebagai Bupati yang diusung.

Lalu bagaimana dengan Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai partai pemenang kedua legislatif di Kabupaten Bima. Hingga kini belum nampak ada kepastian siapa kadernya yang akan berkompetisi melawan petahana ataukah hanya menunggu dipilih IDP atau Syafru sebagai Balon Wakil Bupati saja.

Sementara sebelumnya di permukaan dan diberitakan oleh media bahwa Kader PAN dari beberapa nama telah mendaftarkan diri di beberapa partai. Kader PAN yang dimaksud seperti Ady Mahyudi yang sekarang menjadi duta PAN di DPRD Provinsi NTB, ada Ketua DPD PAN Kabupaten Bima M.Aminurllah SE akrab disapa Maman ini sekaligus Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bima. Ada pula Murni Suciyati mantan Ketua DPRD Kabupaten Bima.
Foto: Ady Mahyudi, SE Anggota DPRD Provinsi NTB.
Namun dari sederet kader terbaik PAN yang mencuat dan sudah mendaftarkan diri, belum ada pula satu kader yang diploting mewakili Partai berlambang Matahari Biru tersebut. Dan ditingkat masyarakat masih belum dibahas dan sering dipertanyakan apakah Partai PAN akan tampil sebagai penantang petahana atau hanya menerima jadi orang nomor dua saja.

Padahal sebelumnya santer terdengar, setingan pasangan semisal Syafru-Ady, Dahlan-Murni, Syafru-Murni atau Syafru-Maman bahkan Dinda-Maman.

Ketua DPD PAN Kabupaten Bima M.Aminurllah, SE (Maman) ini pada wartawan, membantah kalau partai yang dipimpinnya, tidak serius sebagai partai peserta Pilkada Bima 2020-2025 mendatang.

"Kami pasti serius dan memastikan PAN akan bertarung memenangkan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bima mendatang,"tegasnya Jumat (6/12/2019) siang.

Sebagai partai pemenang kedua legislatif, diyakinkannya, tidak mungkin ketinggalan kereta dalam hajatan besar di Bima. PAN dipastikannya siap bertempur di Pilkada mendatang dan akan mengusung kader terbaik.

Maman sapaan akrab ketua DPD PAN saat itu  tidak menyebutkan secara ekslplisit siapa sesungguhnya kader yang akan diusung."Kan saya sudah mendaftar. Kader lain juga sudah mendaftar. Itu tandanya serius dan tidak akan ketinggalan kereta,"jawabnya.

Ady Mahyudi pun meyakinkan PAN tidak akan ketinggalan kereta pada pesta demokrasi Pemilukada mendatang. Soal siapa kader yang didukung dan diusung PAN, waktunya masih panjang. Pastinya tidak akan tergesa-gesa menentukan siapa.

Dirinya juga tegaskan, tahapan pendaftaran di KPU masih enam bulan juga kok, jadi masih panjanglah," ungkapnya. 

Apakah pendaftaran sejumlah kader PAN bagian dari strategi politik saja ataukah hanya menunggu dipilih IDP ?, Ady menampik. Dirinya mendaftar sebagai Bupati dan akan berkompetisi dan bersaing tentunya dengan tidak menunggu dipilih petahana."Ah tidaklah. Saya pasti maju koq. Soal sama siapa nantilah masih lama. Dinda saja belum menentukan siapa wakilnya,"tegasnya. (koo1)

No comments

Powered by Blogger.