100 Hari Kerja Awal, Kades Agar Mampu Laksanakan 6 Program Prioritas

foto: Suherman, S.Pt Camat Woja,Kabupaten Dompu,NTB.
Dompu,KABAROPOSISI.Com--Pasca dilantik Beberapa Waktu lalu Para Kepala Desa sekecamatan Woja dalam 100 hari kerjanya kedepan agar mampu memprioritaskan 6 item  program unggulan awal. Hal ini dalam sinergitas lintas Sektoral bagi Lurah dan Kepala Desa se- Kecamatan Woja Kabupaten Dompu-NTB. Demikian disampaikan Camat Woja Suherman, S.Pt, Jum'at (17/1/2020). 

Adapun program prioritas 100 hari kerja bagi Kades dan lurah yakni Penataan RT/ RW, Penentuan tingkat perkembangan desa,  Koordinasi dan fasilitasi pengangkatan perangkat desa sesuai SOTK yang baru, Penyelarasan arah rencana pembangunan desa dan Kabupaten, Fasilitasi Rancangan APBDes, serta mengatasi dan mengkoordinasikan permasalahan yang berpotensi mengancam ketertiban dan keamanan masyarakat," ujar Camat ditemui di ruangan kerjanya.

Langkah tersebut dilakukan, sebagai upaya untuk mengantisipasi adanya gejolak di tengah kehidupan sosial bermasyarakat, salah satunya adalah polemik pengangkatan dan pemberhentian perangkat Desa," pungkasnya.

Suherman menegaskan, bahwa kades harus memahami fungsi dan tugas penyelenggaraan pemerintah, jangan sampai kewenangan digunakan di luar dari regulasi yang sudah ditetapkan. 

" Kepala Desa selaku pihak yang berwenang untuk mengangkat dan memberhentikan perangkat Desa, tentu harus bertindak sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam peraturan perundang-undangan," ujar Camat.

Selian itu, kaitan dengan tatakelola dana desa yang baik, harus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pertanggung jawaban dan pelaporan serta dapat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat," jelasnya.

Ia berharap, seluruh Pemerintah Desa maupun Kelurahan se-Kecamatan Woja, agar dapat menggunakan anggaran sesuai kebutuhan dan tidak memanfaatkan diluar dari peruntukannya yang justru mencoreng nama lembaga," pintanya. (K002)

No comments

Powered by Blogger.