AMM Gedor Kantor Pemkab, Tuntut Segera Perbaiki Jalan Lintas Pantai Rontu

Foto: AMM saat Demo Di depan Pemkab Kabupaten Bima.
Bima,Kabaroposisi.Com-- Puluhan Warga yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Monta (AMM) melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Bima, pada Senin (6/1/20) sekira pukul 9:50 (Wita). Aksi tersebut, mendesak Pemkab Bima untuk segera memperbaiki jalan Lintas Pantai Rontu Desa Tangga Baru Kecamatan setempat.

Korlap aksi Hendra Purwanto dalam orasinya menegaskan, bahwa pembangunan infrastruktur di Kabupaten Bima harusnya merata, itu sesuai dengan amanat undang-undang dan dasar Negara yang tercantum di alenia ke lima. Namun sejak 20 tahun terakhir Warga Desa Tangga Baru belum mendapatkan implementasi dari amanat tersebut," paparnya.

Kata dia, jalan lintas Pantai Rontu merupakan akses jalan tani satu-satunya yang biasa dilewati warga, sehingga ketika jalan rusak juga akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi pertanian masyarakat setempat," jelas Hendra.

Ia mengaku, bahwa sejak tahun 2002 lalu, pihaknya telah melakukan aksi Unras menuntut terkait perbaikan jalan yang sama, namun pihak Pemda hanya memberikan janji Palsu dan tak pernah direalisasikan.

Bahkan Masyarakat Monta tidak percaya lagi dengan janji yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten Bima," sambungnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, segala bentuk pernyataan pemangku kebijakan, akan kami tuangkan dalam bentuk tertulis yang ditanda tangani di atas materai 600," tegasnya.

Selain meminta perbaikan jalan tani tersebut, massa aksi juga meminta meminta Pemda Bima untuk segera memperbaiki delapan deker dan satu jembatan yang ada di desa setempat.

Tidak hanya itu, massa aksi juga meminta Bupati agar benar-benar serius menyikapi persoalan yang dihadapi oleh warga Tangga Baru. Namun jika tuntutan tidak segera diindahkan dalam tempo seminggu, maka massa aksi mengancam akan melakukan pemblokiran jalan di Desa setempat.

Menanggapi adanya aksi tersebut, Bupati Bima yang diwakili oleh Kadis PU Ir. Nggempo  langsung memediasi massa di ruang rapat Wakil Bupati Bima.

Dalam kesempatannya, Kadis PU menyampaikan apresiasi terhadap aksi Unras tersebut, yang berjuang demi kepentingan umum. Selain itu Ia juga meminta waktu untuk berkoordinasi dengan pihak ketiga terkait dengan perbaikan jembatan yang dimaksud.

Selain itu, pihaknya juga berjanji akan segera memfollow up terkait perbaikan jalan tani lintas Pantai Rontu tersebut. " Insya Allah anggaran perbaikan akan Kita ajukan, kemungkinana proses perbaikannya akan masuk pada bulan Febuari mendatang," jelasnya.

Hingga berita ini dipublis, usai mendapatkan jawaban dari Kadis PU tersebut, pukul 10:50 massa aksi perlahan membubarkan diri secara aman dan kondusif. (K001)

No comments

Powered by Blogger.