102 Warga Lewitana Terima BLT DD

foto: Kades Lewitana Hidayat Nurdin serahkan Bantuan BLT DD kepada 102 Warga.
 Bima,KABAROPOSISI.Com--102 Warga Desa Lewitana kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima, NTB, terima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). Penyaluran BLT dikawal ketat Babinsa, Bhabinkamtibnas, beserta Tamrin selaku PLD kecamatan yang mengawal dana desa, serta BPD, Kamis (28/5/20) siang sekira pukul 14.30 Wita, di aula kantor Desa setempat.

Kepala Desa Lewitana Hidayat Nurdin mengungkapkan penyerahan Bantuan langsung tunai (BLT DD) ini sengaja dilakukan agar warga tak menerima dobel bantuan ditengah pandemi Covid-19 saat ini," ungkapnya.

"Adapun dari 6 bantuan sosial yang ada saat ini ditengah pandemi Covid-19, bantuan melalui Program PKH dan BNPT adalah program awal sebelum Wabah Corona saat ini. Pasca wabah yang melanda dunia saat ini, ada 4 Program diperuntukan oleh pemerintah, yakni program JPS Bima Ramah dari Pemerintah Daerah, JPS Gemilang dari Pemerintah Provinsi, Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos RI, serta bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD)," tutur Hidayat Nurdin Selaku Kades.
foto: Pose Bersama Kades, Babinsa, BPD dan Warga.
Dikatakannya, sebanyak 102 penerima BLT DD sebesar Rp 600.000,-/KK warganya ini sebelumnya ditentukan setelah melalui Musdes dengan anggota BPD atas pendataan warga yang ada sehingga keterbukaan infomasi publik oleh pemerintah desa terhadap lembaga dan masyarakat jelas atas penggunaan dana desa," kata Kades.

" Ini adalah tahap pertama dari dana desa diambil 30 Porsen untuk penanganan Covid-19, baik untuk BLT dan pencegahan awal Wabah virus ini terlebih dahulu," paparnya.

Diakhir penyampaian di depan warga, kades berharap agar dana BLT DD ini dipergunakan sesuai keadaan untuk kebutuhan sandang pangan saat ini. Tak lupa juga dia tegaskan untuk tahun 2020 ini dana desa fokus untuk Penananganan Covid-19, jadi untuk pembangunan dan pemberdayaan agak berkurang bahkan terancam ngga ada," jelasnya.

Pendamping Desa (PDP) Tamrin SH, menyampaikan kepada masyarakat bahwa bagi penerima bantuan sosial agar tidak dobel, seperti PKH, BNPT, JPS Bima Ramah dari Pemerintah Daerah (Pemda), JPS Gemilang (Provinsi), Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos RI, serta BLT DD ditengah pandemi Covid-19.

Dirinya mengapresiasi kinerja pemerintah desa Lewitana dalam melakukan pendataan bantuan sosial, dimana semua warga mendapatkan bantuan," paparnya.

Sementara itu Wakil Ketua BPD Jasman mengakui data penerima BLT DD ini sebelum ditetapkan sebagai penerima melalui musyawarah Desa (Musdes).

" Dirinya berharap agar penggunaan dana ini digunakan oleh masyarakat dalam situasi kondisi Wabah saat ini," Harap Jasman. (KO1)




No comments

Powered by Blogger.