Persiapan Politeknik Negeri Bima, Kampus Vokasi Unram Gelar Sosialisasi

foto: Kegiatan Sosialisasi Kampus Vokasi Unram PDD Bima.

Bima,KABAROPOSISI.Com--Sosialisasi pengenalan Kampus yang dilakukan sejumlah Dosen dan karyawan Program Vokasi UNRAM PDD Bima yang merupakan cikal bakal kampus Politeknik Negeri Bima, (11/05/2020), melakukan kunjungan ke pemdes di berbagai kecamatan di kabupaten Bima. Selain itu, beberapa bulan yang lalu sebelum adanya pandemi, tim sosialisasi kampus juga berkunjung ke beberapa sekolah untuk  memperkenalkan kampus tersebut kepada para siswa SMA/SMK/MAN se Bima-Dompu. Kampus ini merupakan  Perguruan Tinggi Negeri pertama di Bima yang didirikan sejak tahun 2014.

Sosialisasi pengenalan kampus tidak hanya dilakukan dengan cara turun langsung ke sekolah-sekolah dan pemerintah Desa, tetapi juga menggunakan metode lainnya. Ketua Tim sosialisasi, DR. Arif Hilmawan, S.Pi.,MP menyampaikan bahwa ia optimis in syaa Allah tahun ini bisa mendapatkan Mahasiswa/i dengan jumlah sesuai harapan.

Selanjutnya salah satu dosen, Mardiansyah, S.Pt.,M.Si, menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi pengenalan kampus sengaja dilaksanakan pada masa transisi, dimana para siswa kelas 3 SMA/SMK/MAN tidak lama lagi melaksanakan Ujian Nasional (UN) sehingga membutuhkan informasi pilihan yang cukup untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi.

Lebih lanjut, Mardiansyah, S.Pt.,M.Si mengatakan, kegiatan sosialisasi di setiap sekolah diawali dengan pemutaran video profil tentang Kampus Vokasi UNRAM PDD Bima yang dilanjutkan dengan pemaparan materi.

“Penyampaian materi diberikan secara bergilir oleh para Dosen, seperti program studi yang bisa dipilih, persiapan seleksi masuk kampus Vokasi UNRAM PDD Bima, dan beberapa informasi penting lain yang dibutuhkan para siswa menjelang masuk perguruan tinggi."

Di kampus Vokasi UNRAM PDD Bima, terdapat tiga program studi yaitu D-3 Kesehatan Hewan, D-3 Budidaya Perairan, dan D-3 Produksi Ternak. Ke tiga program studi tersebut merupakan ilmu terapan, artinya mahasiswa dibekali ilmu terapan dimana keterampilan menjadi kompetensi utama yang harus dicapai.
Oleh karena itu, peluang kerja bagi lulusan Vokasi UNRAM PDD Bima tidak terpaku pada satu atau dua bidang saja pada setiap program studi. Alumni kampus ini sudah ada yang menjadi ASN, tenaga paramedis veteriner di berbagai kecamatan di Kabupaten Bima, merintis usaha peternakan dan budidaya ikan secara mandiri di desanya, menjadi bagian dari relawan kemanusiaan, dikontrak oleh perusahaan sesuai bidang keilmuannya, menjadi karyawan bank, dan lain-lain.

“Dengan memberikan  gambaran awal, pihak kampus berharap para siswa/i mendapatkan pemahaman yang baik dan termotivasi untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dan memilih perguruan tinggi negeri ini dengan bidang ilmu terapan. Nantinya mahasiswa akan menjadi lulusan yang berkarakter, terampil dan siap kerja sehinggga akan lebih banyak pemuda Bima yang melanjutkan kuliah di kampus Vokasi UNRAM PDD Bima di Sondosia kecamatan Bolo. Ayo bergabung bersama kami.(KO1)

No comments

Powered by Blogger.