Taman Baca Masyarakat Laskar Tambora Resmi Diluncurkan dan Berikan Santunan Anak Yatim

foto: Saat Lounching TBM Laskar Tambora.
Dompu,KABAROPOSISI.Com--Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Laskar Tambora secara resmi diluncurkan dengan dirangkaikannya acara Santunan Yatim dan dhuafa di bulan suci Ramadhan yang bertempat di Dusun Gunung Sari Desa Doropeti kecamatan Pekat - Dompu, Kamis (21/05).

Peluncuran TBM Laskar Tambora di bulan Ramadhan ini merupakan diinisiasi oleh Ishak Baedhowi, mahasiswa semester 6 Universitas Hamzanwadi dengan tujuan meningkatkan minat baca generasi muda.

Ishak menyampaikan keprihatinannya melihat kondisi anak-anak kecil dilingkungan nya nyaris tidak pernah membaca buku diluar buku sekolah.

"Saya berinisiatif untuk mengumpulkan buku bacaan anak-anak dan remaja yang kemudian kami sajikan secara sederhana kepada mereka". Ujarnya

Ia menambahkan bahwa kondisi kampung Gunung Sari memiliki potensi yang sangat luar biasa, baik dari alam dan juga SDMnya. Tapi semua itu belum maksimal dirasakan manfaatnya, karena akses sinyal yang masih cukup susah, jalan yang seperti sungai setiap hujan besar, dan akses pendidikan lainnya yang juga masih jauh dari harapan. Oleh karenanya masyarakat setempat masih banyak membutuhkan pembinaan disegala bidang, khususnya dalam dunia pendidikan.

"Terutama pada anak-anak dan remaja yang lebih senang main hp daraipada membaca, sehingga dengan keberadaan taman baca ini bisa memberikan nuansa baru dan berwisata  pengetahuan lebih jauh dan bermutu melalui pendidikan". Lanjutnya

Dalam peluncuran TBM tersebut juga dirangkaikan dengan acara Santunan Yatim dan Dhuafa, yang dimana program santunan ini atas kerjasama dengan TBM Al-Jamil Celiungsi Bogor, banyak juga para dermawan yang mendonasikan rezekinya untuk berbagi kebahagiaan dengan anak2 yatim,  anak-anak sekolah di pelosok Lereng Gunung Tambora ini. Ada donatur dari Malaysia dan juga Lombok.

Dalam acara tersebut dihadiri langsung oleh kepala dusun gunung sari, BPD Gunung Sari, tokoh masyarakat, agama dan para remaja/i gunung sari.

Mukrin Jamaluddin selalu kepala dusun gunung sari dalam sambutannya sangat mengapresiasi langkah dan ikhtiar dalam membentuk taman bacaan masyarakat tersebut.

Ia berharap kedepan TBM Laskar Tambora memiliki banyak koleksi buku yang dapat dibaca oleh anak-anak maupun masyarakat secara umum untuk kemajuan kampung tersebut.

"Saya ucapkan terimakasih banyak kepada adinda Ishak Baedhowi selaku inisiator dari Taman Baca ini, ini adalah sebuah langkah kongkrit nyata yang tak terduka bisa membangun wadah baru sesuai kebutuhan masyarakat untuk membawa perubahan yang lebih baik".  Tegasnya

Dalam acara Santunan tersebut setidaknya ada 48 anak-anak dusun gunung sari mendapatkan THR dan juga bingkisan berupa buku dan pulpen.

Untuk diketahui hingga saat ini TBM Laskar Tambora sedang membuka donasi buku, dan juga dalam bentuk uang untuk memenuhi segala kebutuhan dan fasilitas sebagai penunjang untuk berjalan nya pendidikan yang merata kepada anak-anak dipelosok lereng Tambora tersebut. Yang ingin berdonasi bisa menghubungi : 082339925400

💳 *DONASI KEBAIKAN*
Dapat disalurkan melalui Rekening Donasi Bank NTB Syariah : 5010200288314 a/n _Ishak Badawi_

Konfirmasi donasi ke nomor (WA) : 082339925400.(***)

No comments

Powered by Blogger.