Akhirnya, Maemunah Dapat Bantuan 2021 Melalui Dana Desa

foto: Ibrahim Alfian Sekdes Desa Darrusallam,Kecamatan Bolo, Photo: RED.

BIMA,KabaroposisiNTB.Com--Akhirnya Keluhan seorang Janda Maemunah (72) dan dua anaknya di Desa Darusalam Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, yang selama hidupnya tak pernah ada perhatian pemerintah. Dalam hal ini, Pihak Desa memasuki dianggaran 2021 ini. Demikian disampaikan oleh kepala Desa Darusalam, melalui Sekretaris Desa (Sekdes) Ibrahim Alfian.

Dirinya mengakui, Bahwa  pemerintah desa sudah mendata semua nama-nama warga penerima RTLH tahun ini untuk dimasukan lewat Dana Desa tahun 2021. "Kemarin memang nama mereka sudah terdata, yang jelas namanya sudah kita masukan pada rencana APBDes 2021, itu pun kalau tidak ada perubahan dana covid-19," jelasnya Senin (11/1).

Baca juga : Maemunah,Seorang Janda Bersama Anaknya Tempati Rumah Ibarat Gubuk Lama Terabaikan Pemerintah

Dijelaskannya, Ibu Maemunah telah terdata pada RTLH di tahun 2020 lalu. Namun, karena kendala Covid19, anggaran tersebut dialihkan ke program lain," ungkapnya.

"Sebenarnya sudah kita prioritaskan tahun lalu, tapi karena pengalihan anggaran ke BLT dan lain sebagainya," akunya.

Disisi lain, Pada tahun 2021, Pemerintah Desa mendapatkan program RTLH dari pemerintah Kabupaten Bima sebanyak 25. Tapi nama penerima manfaat dari program itu final siapa masyarakat yang mendapatkan dan Ibu Maemunah tak termasuk," kata Sekdes.

Ia berharap, Pemda agar menambah jatah RTLH untuk Desanya, karena kata dia, jatah 25 unit dari Dinas Perkim masih sedikit untuk warga di Desa Darus Salam. Pemdes setiap tahun hanya mampu merehap 10 rumah untuk warga tidak mampu.

"25 rumah itu masih kurang di Desa Kami, karena kami di Desa hanya mampu 10 rumah petak, jati bantuan RTLH di Perkim itu sangat membantu masyarakat tidak mampu, itupun kalau program Perkim itu jadi. Karena setiap tahun hanya difoto namun tidak ada realisasinya," harapnya.(RED,KO.O6)

No comments

Powered by Blogger.