Kabid dan Camat Beri Pembinaan BPD dan Aparatur Desa

foto: Saat Pertemuan Di Aula Kantor Desa Madawau, Kecamatan Madapangga, Photo: RED.

BIMA,KabaroposisiNTB.Com--Akibat terjadinya miskomunikasi antara pihak Pemerintah Desa dan BPD yang berujung pekerjaan Jalan Tani melalui Dana Desa,  disorot Badan Permusyawaratan Desa (BPD) beberapa waktu lalu berdampak Camat Bersama Dinas Terkait memberikan pembinaan kedua belah pihak.

Pihak Dinas DPMPD diwakili El Faisal, S MM, selaku Kabid, pihak muspika langsung Camat M Saleh S.SoS, hadir untuk berikan pembinaan. Turut hadir saat pembinaan Sekretaris Desa (Sekdes) Hidayat M Nor,  Ketua Agustina BPD, Dan Aparatur Desa, Selasa (12/1) di aula kantor desa.

El Faisal, Pada penyampaian awal bahwa Jalan Tani yang dikerjakan 2020, Pemdes Desa memiliki APBDes. Berdasarkan pengakuan Desa juga Uang masih tersisa itu juga mau diapakan, tetap dasar hukumnya APBDes," ungkapnya.

"Disisi lain, BPD punya hak agar memberikan kesepakatan sebagai kekuatan pekerjaan dan Evaluasi, serta Evaluasi pihak Muspika, tiga Item ini menjadi pokok dari pengelolaan Dana Desa, Tegasnya depan BPD dan Aparatur Desa.

Adanya permasalahan ini harus dibahas guna menyelesaikan hal hal yang terjadi, setelah terjadi Miskomunikasi ini," Ujarnya.

Ketua BPD Agustina pada kesempatan itu, menyampaikan sebenarnya selama satu hingga dua bulan ini ada Miskomunikasi antara pihak Desa dan Lembaga bahkan memang dari awal," tegasnya. 

Sementara itu, BPD dan Pemdes adalah Rumah tangga seperti suami istri, Istri harus tau dan suami juga harus tau. Selain itu, selaku Mitra Program di Desa tidak ada komunikasi dan konfirmasi kepada kami, itu  ada apa dan kenapa," ungkapnya.

Terkait Jalan Tani, Seharusnya kita diikutsertakan dengan adanya kesepakatan tapi tak pernah ada. Setelah kita melakukan ke pihak Dinas komunikasi Ibu Marjan, terkait pengelolaan itu harus ada nota Kesepakatan antara BPD dan Desa, tapi ini ngga ada," akur Astuti. 

Camat Madapangga M Saleh S.SoS, meminta ini harus dituntaskan apalagi RKPDes 2021 ini akan dibahas melalui forum tingkat kecamatan dalam minggu ini. "Dirinya meminta ini segera dituntaskan," pintanya.

Pantauan media ini, Pertemuan akan dilanjutkan Kamis (14/1) ini agar ini selesai dan tuntas. (KO.O4)


No comments

Powered by Blogger.