Bronjong Kerap Longsor Saat Banjir, Pemilik Rumah di Bantaran Sungai Sondosia Bolo Minta Perhatian

Bima,KabaroposisiNTB.Com--Hadirnya musim hujan selalu mengundang kekhawatiran beberapa warga Sondosia, yang rumahnya berada di Bantaran sungai setempat. Apalagi akibat banjir Di Sungai Desa Sondosia kecamatan Bolo kabupaten Bima, telah menyebabkan terjadinya longsor dan Bronjong dilokasi rusak parah. 

Bunyamin (50 tahun) warga Rt 03 Rw 02 Dusun Sabua Ade Desa Sondosia,kecematan Bolo salah satu pemilik rumah di bantaran sungai Sondosia, mengatakan dari  7 rumah warga yang tempat tinggalnya tepat Di bibir Sungai, saat ini dalam keadaan tegang akibat musibah Longsor Bronjong," ucapnya.

"Dari 8 sungai yang ada di dua kecamatan antara lain satu dari kecamatan  Madapangga, dua dari Kecematan Bolo, dan air kirimannya selalu melewati sungai Sondosia,"  jelasnya.

Sambungnya, keadaan Bronjong ini sudah lama, sejak tahun 1994 sampai sekarang tahun 2021 kurang lebih 30 tahun tak pernah diperhatikan, Sehingga paska datangnya  banjir besar kali ini mengakibatkan Longsornya Bronjong setempat,"kata Bunyamin.

Lanjut Bunyamin, kendala lainnya dari jembatan yang ada, 4 tiangnya banyak tiang  menghambat arus air. Ketika banjirnya  datang dengan kotoran seperti batangan kayu dari gunung apalagi kalau batangan pohon kayunya besar bisa menutup tiang jembatan sehingga mengalir air deras di pinggir bronjong mengakibatkan longsor," tuturnya.

Ia berharap, Kepada Bupati Bima juga kepada Gubernur agar bisa membangun kembali Bronjong yang sudah rusak dan longsor," harapnya.(KO.O6) 

No comments

Powered by Blogger.