Dinas Dikbudpora Gelar Sosialisasi BOS, Sekdis: Kasek Kelola Baik, Wartawan Mitra Kita Bukan Musuh

foto: Saat Kegiatan Sosialisasi Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima.

Bima,KabaroposisiNTB.Com--Sekretaris Dinas A. Salam Gani MAp, menyampaikan kepada para kepala sekolah di Bolo dan Madapangga, agar dalam pengelolaan Dana BOS transparansi dan terbuka kepada para dewan guru dan wali murid.

Hal ini disampaikan saat Sosialisasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler Tingkat SD/SMP lingkup Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima 2021, berpusat di SDN 5 Sila,Senin 8 Februari.

Kata dia, aturan dan mekanisme sangat jelas dalam pengelolaan Dana BOS dan Program Indonesia Pintar (PIP) demi kesuksesan sekolah masing masing," ucapnya. 

Sambung Dia, tak lupa dia tegaskan bagi kasek jangan takut dengan hal apapun selama dilaksanakan sesuai aturan dan mekanisme. Tatkala muncul hal hal yang lain kedepan, karena ada inspektorat yang punya tugas sebagai fungsi kontrol," jelas Sekdis. 

"Tak lupa dia ingatkan, Wartawan dan LSM serta aktivis itu mitra bukan musuh. Jadi bermitralah dengan mereka karena mereka juga lembaga yang akan mengawal kita," tegasnya. 

Lanjut dia, bagi kasek ketika mereka hadir terimalah dengan baik, tanpa sinis dan merasa canggung dan kesal," harap Sekdis asal Bolo ini.

Kata Kabid Dikdas Nasaruddin M, P.D menjelaksan bahwa ada peningkatan sebanyak 50 Ribu persiswa Bagi sekolah Dasar Negeri (SDN), 90.000 untuk siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN)," ucapnya.

Selain itu, kabar gembira bagi jajaran pendidikan melalui Permendikbud No 6 tahun 2021, sekolah yang siswanya kurang dari atau minimal 60 siswa Orang sejak Januari 2021 ini akan ditetapkan mendapatkan Dana BOS sebanyak 60 Siswa," terangnya.

Kabid Asal Donggo ini berharap agar para kepsek meningkatkan pengelolaan Dana BOSnya dengan adanya kabar terbaru ini, demi meningkatkan pendidikan di kabupaten Bima, apalagi daerah Bima satu satunya daerah yang mendapatkan peningkatan Dana BOS persiswa," tutur Kabid yang sebentar lagi pensiun ini.

Tak lupa,Nasaruddin menjelaskan bahwa tiga kecematan belum digelar sosialisasi yakni Langgudu, Sanggar dan Tambora. Insyaallah akan tuntas minggu ini dan Dana BOS telah masuk dan akan cair usai kegiatan ini setelah Kadis menginstruksikan.(KO.O1)

No comments

Powered by Blogger.