Ditengah Covid-19, UMMAT Gelar Workshop dan Pendampingan Guru SDN Gugus II Batu Kumbung Lobar

foto: Kegiatan Workshop Kampus UMMAT Mataram pendampingan Guru SDN Gugus II Batu Kumbung Lobar.

Mataram,KabaroposisiNTB.Com--Dalam meningkatkan mutu pendidikan di Daerah NTB, Kampus Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) dan didampingi Guru SDN Gugus II Batu Kumbung Lombok Barat (Lobar) Mengelar Workshop tetapi tetap mengikuti protokoler Covid. 

Melalui Prodi Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD) menggelar Workshop dan Pendampingan Pembuatan Video bersama pendampingan Guru SDN Gugus II Batu dalam Pembelajaran Berbasis Android Bagi Guru sebagai Upaya Optimalisasi Sistem Belajar Di Rumah (BDR), Sabtu 27 Februari 2021 di Aula SDN 1 Batu Kumbung, Lombok Barat.

Disisi lain, Sementara kita ketahui bersama, pada hakikatnya proses pembelajaran menekan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetemsi siswa dalam memahami pembelajaran secara menyeluruh. Namun adanya pandemi COVID-19 menyebabkan proses pembelajaran dari yang semula dilakukan secara luring (tatap muka) menjadi lebih banyak dilakukan secara dalam jaringan (daring) atau online, sehingga guru-guru mau tidak mau harus menyesuaikan metode dan model pembelajaran yang digunakannya untuk sesuai dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) maupun sistem mengajar perintis yaitu Belajar di Rumah (BDR) yang pelaksanaannya mengalami banyak kendala. 

Namun, para Dosen Universitas Muhammadiyah Mataram (UMM) Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) melalui Program Pendanaan Hibah Internal Kampus memberikan kegiatan berupa workshop dan pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis android bagi guru sebagai upaya optimalisasi Sistem Belajar di Rumah di SDN Gugus II Batu Kumbung, Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Acara diselenggarakan Sabtu (27/02/2020) di aula SDN 1 Batu Kumbung.

Menurut ketua kelompok Ibu Nursina Sari bahwa, pemberian workshop dan pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis android bagi guru tentunya dapat memberikan keterampilan (skill) tambahan bagi guru-guru dalam mengembangkan media pembelajaran khususnya berbasis android melalui penggunaan aplikasi-aplikasi video editing baik yang versi Android yang dapat dilakukan di smartphone atau memaksimalkan penggunaan smartphone yang hampir setiap guru-guru di SDN Gugus II Batu Kumbung memilikinya demi mendukung pembelajaran dalam masa pandemi.

Pengawas Pembina SD Kecamatan Lingsar, H. Muhammad Ridwan, S.Pd mengatakan, kegiatan ini akan sangat membantu dan dibutuhkan oleh para guru (pendidik) dalam melaksanakan pembelajaran terutama disaat pandemi dikarenakan banyak adanya kendala selama pelaksanaan sistem BDR.  “Apalagi keterampilan-keterampilan yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi seperti penggunaan aplikasi video ediing begitu penting untuk menunjang keterlaksanaan pembelajaran di era rovolusi 4.0.” ujar H. Muhammad Ridwan. 

“Pembelajaran melalui video pembelajaran berbasis android sangat membantu jika dibuat sesuai kebutuhan yaitu berdasarkan karakteristik peserta didik maupun materi pembelajaran serta bersifat portabel karena dapat diakses melalui smartphone masing-masing siswa ataupun orang tua murid sehingga dapat memberikan pesan atau materi yang dapat diterima lebih merata oleh siswa, “ ujar Nursina selaku ketua pelaksana kegiatan.

Sina menambahkan, teknis pelaksanaan kegiatan wokshop dibagi menjadi beberapa sesi. Pertama, mengadakan kegiatan wokshop yang diikuti oleh para guru dari gugus II Batu kumbung sebanyak 12 orang guru yang mewakili masing-masing guru kelas rendah maupun kelas tinggi dari 6 sekolah.Peserta menerima materi dari Bpk. 

Muhammad Erfan, S.Pd,.M.Pd dengan penjelasan umum tentang pembuatan media pembelajaran berbasis android melalui aplikasi-aplikasi video editing . Sesi kedua, adalah tahap pendampingan bagi para guru dalam membuat video pembelajaran berbasis android. “Alhamdulillah berjalan lancer dan sukses,”tuturnya.(RED,KO.O2)

No comments

Powered by Blogger.