Demam Jadi Legislatif,Warga Tonda Antusias Ikut Pengisian BPD



Bima,KabarOposisi--Antusias serta kepedulian masyarakat Desa Tonda, Kecamatan Madapangga,Bima,NTB,dalam mengawal serta memantau pelaksanaan dana desa terlihat dari membludaknya peserta yang ikut pada pengisian Badan Permusywaratan Desa(BPD) yang ikut penjaringan.

Dari tiga dusun yang ikut diusulkan warga dari berbagai tokoh masyarakat di setiap dusun dari dusun satu hingga dusun tiga peserta yang diusulkan lebih dari Lima,ujar Ketua Panitia pengisian Badan Permusywaratan Desa(BPD) Abdul Rauf H Ibrahim S.Sos,pada Senin (29/07/2019) di kediamannya.

Kata dia,dengan fungsi dan peran BPD sebagai lembaga legislatif desa dasar antusias warga desa setempat dalam mengikuti pengisian Badan Permusywaratan Desa (BPD) yang digelar serentak pemerintah daerah pada akhir Agustus-September," Katanya.

Masih Kata dia, dibandingkan dengan lima tahun lalu bahkan puluhan tahun antusias warga  setempat dalam mengikuti seleksi BPD ini sangat beda," Tutur Ketua DPD Partai Karya Kabupaten Bima.

Sambungnya, antusias warga desa Tonda saat ini sangat tinggi sekali dari tiga dusun serta 7 anggota BPD yang akan di rekrut,satu dusun aja peserta yang ditetapkan panitia berjumlah delapan orang," Tutur Mantan kades Tonda.

Ketua Panitia,Puluhan orang telah menyampaikan informasi kepada panitia atas keinginannya sebagai peserta yang akan ikut pada pengisian BPD yang akan di selenggarakan pada Akhir Agustus hingga awal September ini.

Dari 7 anggota BPD yang akan direkrut dengan perwakilan Jender satu yang ada di tiga dusun di desa Tonda melalui Rapat yang ditentukan panitia akan direkrut dua perdusun." Hal ini dilakukan karena ketiga dusun tersebut penduduknya sama-sama banyak," Tutur Abdul Rauf.

"Penetapan nama-nama oleh unsur panitia di dusun dua juga yang akan ikut telah ditetapkan yang berjumlah delapan orang sedangkan satu nama terjungkal karena melanggar aturan telah menjabat tiga kali kelembagaan BPD"

Sesuai dengan aturan dan mekanismenya karena rata-rata tiap dusun lebih dari lima orang sehingga pengisian BPD akan diadakan pemilihan," Tegasnya.

Dirinya berharap kepada para peserta agar mampu meraih simpatik masyarakat dalam menggalang pendukungnya karena ini melalui pemilihan," Harapnya.(K001)

No comments

Powered by Blogger.