Festival Budaya Untuk Perdamaian Kabupaten Dompu, Dipadati Pertunjukan Adat Istiadat dan Etnis



Dompu,Kabaroposisi--Pelaksanaan Festival Budaya Untuk Perdamaian Tahun 2019 di Kabupaten Dompu,NTB, benar-benar semarak dan meriah adanya. Festival yang digelar oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Dompu, benar-benar mampu menyedot perhatian masyarakat Kabupaten Dompu.

Lapangan Beringin Dompu, hari ini, Sabtu, 03 Agustus 2019, dipadati oleh para peserta festival dan mayarakat Kabupaten Dompu lainnya, yang terlihat membludak untuk mengikuti dan menyaksikan kegiatan festival dimaksud.

Festival Budaya Untuk Perdamaian, dihadiri oleh potensi penting, baik ditingkat pusat ataupun yang ada di Kabupaten Dompu, yaitu; Direktur Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Ir. RR. Aisyah Gamawati, MM, Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Dompu, Staf Ahli Bupati, Para Asisten Sekretariat Daerah Kabupaten Dompu, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu, Kepala Bagian Lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Dompu, Pejabat Eselon III dan IV Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu, beserta potensi penting lainnya.

Keragaman adat istiadat dan etnis benar-benar terlihat di Lapangan Beringin Dompu hari ini, mereka adalah warga masyarakat yang sudah lama berdomisili dan telah menyatu menjadi warga Kabupaten Dompu, yang berasal dari berbagai latar belakang budaya dan adat istiadat di Indonesia.




Ada yang berasal dari Jawa, Sumatera, Bali, Lombok, Sulawesi, Folres, Alor, dan Arab, semuanya menyatu dalam keragaman budaya dan etnis, dengan ciri khas dan keunikannya, dapat menampilkan budaya dan adat masing-masing, namun semuanya walaupun berbeda, komunitas tersebut menjadi bagian dari Bangsa Indonesia. Bhineka tunggal Ika, berbeda namun tetap satu yaitu Indonesia.

Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin, saat melepas rombongan pawai budaya, dimoment Festival Budaya Untuk Perdamaian hari ini, menyampaikan bahwa berbagai keragaman budaya dan etnis yang terlihat ini pada Festival Budaya Untuk Perdamaian hari ini, adalah bagian dari nikmat Allah SWT, yang perlu untuk kita syukuri bersama. "Untuk itu, mari kita sambut dan rasakan festival ini dengan penuh gembira serta jalin kebersamaan dan kekeluargaan diantara kita, "ujar Bupati.

Kegiatan pawai budaya tersebut diawali dengan beberapa kegiatan yang antara lain; Worksop Forum perdamaian dan kegiatan Pameran atau Ekspo produk-produk unggulan lokal daerah Kabupaten Dompu, dan semuanya telah sukses dilaksanakan. (HumKO02)

No comments

Powered by Blogger.