Inspektorat Gandeng Ketua Satgas Pungli Gelar Sosialisasi



Bima,Kabaroposisi--Inspektorat Kabupaten Bima menggandeng pihak polres Bima dalam kegiatan sosialisasi Saber Pungli Bagi Pengelola Dana Desa dan Dana Bos Lingkungan Kabupaten Bima Tahun 2019.

Kegiatan itu dilaksanakan pada Rabu (31/7/19) Pkl 09.00-12.00 wita bertempat di aula kantor camat woha.Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolres Bima selaku ketua satgas cyber pungli Kabupaten Bima KOMPOL Abdi Mauluddin S Sos, Kepala Ispektorat Kabupaten Bima A Wahab SH, Irban 3 Ispektorat Kab.Bima Andi Haris, Camat Woha Irfan Dj SH,Kades Se Kecamatan Woha,Belo dan Palibelo, Kasek  SD dan SMP se-Kec.Woha,Belo dan Palibelo.
   
Kepala ispektorat Kabupaten Bima A.Wahab S.H membuka secara resmi kegiatan dalam sambutannya dirinya berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi dapat di ketahui apa yang boleh dan tidak boleh di kerjakan terkait dengan pungli dan berkomitmen bersama untuk mewujudkan tidak ada pungli di Kabupaten Bima.

Sambungnya,keberadaan pemerintah sebagai public service yang di tuntut untuk mengakselerasi pencapaian tujuan pelayanan publik yaitu mewujudkan batasan dan hubungan yang jelas tentang hak dan tanggung jawab kewajiban dan kewenangan dalam mewujudkan pelayanan publik yang layak," Ujarnya.

Ditambahkannya di harapkan juga melalui forum komunikasi ini bisa menjadi bahan evaluasi kinerja kita semua khusunya Kades  Dan Kepala Sekolah.Serta di ingatkan pada Kades  dan Kepala Sekolah sebagai pengelolaan keuangan negara agar berhati-hati dalam melaksanakan tugas mengelola anggaran yang di amanatkan karena tim cyber pungli sudah terbentuk di Kabupaten Bima dan telah menjalankan tugas akan melakukan OTT sebab pungli dapat merusak tatanan pemerintahan.

Selain itu pemerintah dan masyarakat di risaukan dengan adanya pungli maka pemerintah memandang perlu untuk mewadahi tindakan pungli bisa di berantas wadah tersebut tertuang dalam peraturan presiden RI no 87 tahun 2016,oleh karenanya perlu juga di dukung dengan anggaran mengingat ada beberapa kelompok kerja hingga perlu perhatian kita bersama," Tuturnya.

Ditempat yang sama Waka Polres Bima Kompol Abdi Mauluddin sebagai ketua satgas memberikan arahan di mana ispektorat bisa menjadi role model bagi OPD,Kepala Desa dan Kepala Sekolah di lingkub pemerintah Kabupaten Bima agar bisa menjadi contoh bagi pengelola anggaran negara dalam menindak pelaku pungli.

Ketua satgas juga menegaskan kelompok kerja tim pencegahan juga harus maksimal intelijen harus betul-betul melakukan penyelidikan yang akurat terkait infomasi yang masuk dan laporan masyarakat maksimal di sikapi agar kerja tim cyber pungli Kab.Bima dapat berjalan sesuai yang di harapkan dan ke depannya dalam mengoptimalkan pencegahan dan sosialisasi pokja akan melakukan sosialisasi yang masif dengan mendatangi instansi yang berhubungan langsung dengan layanan public.

Poin paparan yang di sampaikan oleh ketua pelaksana satgas cyber pungli upp Kab.Bima KOMPOL Abdi Mauluddin S Sos Definisi pungli, Dasar hukum cyber pungli, Dampak pungli,Struktur dan tugas satgas cyber pungli,Sebab budaya pungli,Jenis sanksi pidana yg diterapkan oleh satgas cyber pungli.(KO01)

No comments

Powered by Blogger.