KENAPA NGGAK PAKAI APBD?? Berikut penjelasan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah

Mataram,Kabaroposisi-- "Beberapa waktu terakhir ramai diskusi tentang Rencana Beasiswa NTB ke Luar Negeri mau dibantu Pakai APBD. Sejak awal sampai saat ini Mahasiswa-mahasiswa sudah banyak kami kirim ke luar negeri dan nggak pakai APBD.

Semuanya lancar dan hasilnyapun menggembirakan. Ide ini bukan hanya dari kami. Kalau ada pihak-pihak yang punya akses ke berbagai negara kami tentu senang dan akan bantu sesuai kemampuan kami.

Kenapa nggak pakai APBD?
Bukan karena alasan gaya-gayaan atau sok hebat. Tapi ide begini gampang sekali menuai kontroversi dan bikin gaduh kalau menggunakan APBD.Jangan sampai belum jalan programnya kita sudah bertengkar, ribut, berdebat untuk kemudian layu sebelum berkembang.

Sebagai orang yang belajar ekonomi, saya tahu  persis prinsip Opportunity Cost. Satu tindakan yang kita lakukan akan 'mengorbankan' kegiatan lain karena keterbatasan resources kita.

Kalau dari awal kita pakai APBD untuk menyekolahkan anak-anak kita ke luar negeri sudah terbayang kegaduhan yang akan muncul. Dana  yang dipakai sebenarnya bisa untuk bangun jalan kampung, jembatan, sekolah dll. Pokoknya gaduh dan bikin ciut.

Tapi dalam hidup yang singkat ini kadang memang menantang dan menyenangkan memilih jalan yang Less Travelled :) memilih jalan yang tak biasa...

Dan Alhamdulih beasiwa NTB sejauh ini berjalan baik. Dan peminatnya banyak sekali. Anak-anak kita mendambakan untuk ke Luar Negeri agar punya pengalaman berbeda di dalam hidupnya.

Karena antusiasme yang begitu tinggi dan banyak sekali peluang sekolah murah dan meriah di luar negeri kalau tahun depan harus ada hibah Pemda kepada LPP ssebagi penyelenggara beasiswa ini dan untuk membantu agar lebih banyak anak-anak yang kita kirim pilihan ini akan saya ambil.

Hibah pemda untuk pendidikan sudah biasa. Dan saya setuju memang nggak usah terlalu bantuan. Minimal itu sebagai langkah awal untuk sebuah perjalanan panjang untuk membuat perubahan di NTB yang kita cintai ini.

Bukankah sebuah perjalanan panjang selalu harus dimulai dengan langkah pertama?"(koo4hum)

No comments

Powered by Blogger.