Melalui Kurikulum Tambahan, " Pendidikan Karakter " Sangat Penting

Kotabima,Kabaroposisi--Momentum audiensi dengan Dewan Pendidikan Kota Bima, Walikota Bima H Muhammad Lutfi SE ungkapkan keinginan tentang pentingnya keberadaan kurikulum tambahan “Pendidikan Karakter” yang mengupas tentang kearifan lokal seperti Nggusu Waru bagi siswa/i Sekolah Dasar maupun Menengah Pertama.

Audiensi yang dilaksanakan siang ini (29/08/2019) di Ruang Rapat Walikota Bima sekitar pukul 14.10 Wita, turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Bima Drs H Mukhtar MH, Asisten, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima dan sekitar 10 (sepuluh) orang anggota Dewan Pendidikan Kota Bima.

Dewan pendidikan yang telah dibentuk untuk masa bhakti 2019 -2024 tersebut melaksanakan audiensi dengan tujuan untuk menjabarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang mana Dewan Pendidikan juga turut berpengaruh dan memberikan andil dalam Sistem Pendidikan di Indonesia.

Dewan Pendidikan Kota Bima menyatakan kesiapannya membantu Walikota Bima guna memajukan dunia pendidikan Kota Bima seperti mendorong dan menghidupkan kembali peran komite sekolah, akan melakukan sosialisasi tentang peran dan tanggung jawab sekolah berkaitan dengan sistem akreditasi  sekolah, menunjang karier guru, hingga akan mengadakan seminar pendidikan bagi guru atau tenaga pendidik sehingga kualitas guru semakin meningkat.

Walikota Bima selain mengungkapkan keinginannya tentang adanya pendidikan karakter juga menyampaikan kegelisahannya terkait keadaan siswa/i akhir-akhir ini yang semakin melupakan adab dan etika ketimuran terutama melupakan semboyan Maja Labo Dahu.

Walikota juga menegaskan bahwa guru adalah suri tauladan bukan hanya bagi siswa tapi bagi semua orang, sehingga guru betul-betul dituntut untuk memberikan cerminan yang terbaik bagi anak yang dididiknya.

“Budaya tebang pohon jangan pernah ada lagi hari ini, anak-anak penerus kita harus mengenal budaya menanam pohon saja. Misalnya kita wajibkan menanam pohon setiap kenaikan kelas. Kita ajarkan budaya menghijaukan lingkungan kepada mereka” ungkap Walikota Bima.(koo3hum)

No comments

Powered by Blogger.