Pensiunan Sipil TNI Ikut Calon Pilkades Sanolo

Bima,Kabaroposisi--Pensiunan sipil TNI yang bertugas di Kabupaten Papua Provinsi Jaya Pura bernama Usman H.Ahmad (61) ikut pada prosesi Pilkades serentak Desember 2019 ini.Pensiunan tentara asli Desa Sanolo mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepala desa guna  bertarung di Desa Sanolo Kecamatan bolo kabupaten bima provinsi NTB pada pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang dihelat Tanggal 20 Desember 2019.

Kegiatan pendaftaran Usman H.Ahmad atau yang di panggilan akrab Dae Papua didampingi istrinya, Marinam dikawal oleh sekitar 700 orang pendukungnya menuju Balai Desa Sanolo, Senin (11/08/2019) untuk mendaftarkan diri menjadi bakal calon kepala desa Sanolo.

Pantauan Media ini,Dae Papua yang menggunakan pakaian adat Papua, yang didampingi oleh sang istri menyapa warga Desa Sanolo sepanjang jalan protokol dengan mendapat pengawalan exstra ketat dari pihak tokoh masyrakat, pemuda hingga petugas Bhabinkamtibmas maupun Bhabinsa pada wilayah desa setempat.


"Tadi proses pendaftaran berjalan lancar. Tidak ada data yang kurang. Saya mantan mencalonkan diri karena mendapatkan amanat dari masyarakat untuk membawa perubahan," ungkap dae papua saat ditemui usai menyerahkan formulir pendaftaran kepada Panitia Pilkades Serentak Desa Sanolo, Senin (12/08/2019).

Ketua Panitia Pilkades Desa Sanolo Muhamad Ali S.Pdi mengatakan bahwa hari ini Senin (12/8/19) baru dua orang bakal calon yang menyerahkan berkas formulir pencalonan sekaligus mendaftarkan diri menjadi calon kades Sanolo, diantaranya Usman H.Ahmad, Fahri H.Ahmad.

"Hari ini merupakan hari pertama pendaftaran bakal calon. Pendaftaran hari ini kami tutup pukul 13.00 WIB. Semua yang mengambil formulir sudah mengembalikan," ungkap dia.

Setelah pendaftaran ditutup, lanjut Muhamad Ali,  panitia akan melakukan uji publik terhadap seluruh berkas pencalonan yang telah masuk. Apabila terdapat kekeliruan atau kekurangan, para bakal calon diberi waktu selama tiga hari untuk melakukan perbaikan ataupun melengkapi berkas.

"Penetapan bakal calon dilakukan September 2019,  Kemudian tanggal 19 Agustus hingga 7 September akan dilakukan uji publik selama 20 hari.

Selanjutnya, pengundian nomor urut calon serta penandatanganan integritas akan dilakukan pada 20 hingga 21 September mendatang. Kegiatan selanjutnya ialah kampanye dialogis yang akan digelar secara terbuka pada masing masing kediaman calon berdasarkan tata tertib pilkdes serentak bergelombng pada 8/10 Desember 2019.

Lanjut Muhamad Ali, penutupan pendaftaran bakal calon akan dilakukan tanggal 10 hingga 18 Agustus dari pukul 00:00 wita. Terang Muhamad Ali. (008)

No comments

Powered by Blogger.