Polres Bima Gelar Apel Satgas Karhutla

Foto:Kegiatan Upacara Satgas Karhutla Kapolres Bima,Provinsi NTB.
Bima,Kabaroposisi--Pada hari Jumat tanggal 30 Agustus 2019 pukul 08.00 wita bertempat di Halaman Mapolres Bima telah berlangsung Apel gelar pasukan Satuan tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) dan bertindak sebagai Pimpinan apel Kapolres Bima AKBP Bagus S. Wibowo S. ik, Komandan apel Kabag Ops KOMPOL Jamaluddin S. Sos

Melalui Humas Polres IPTU Hanafi mengungkapkan Pejabat yang menghadiri Apel tersebut adalah Bupati Bima yang diwakili oleh Asisten, Kaden Brimob Pelopor A Bima, Para Kabag dan Kasat jajaran Polres Bima, Kasat Pol PP, Kepala BPBD,Kepala BMKG,Kepala Balai KPH Kabupaten Bima,  Senkom Bima.

 Lanjutnya, Peserta Apel  terdiri dari:  1 Peleton Perwira dan Kapolsek jajaran Polres Bima ,1 Peleton Kodim 1608 Bima 1 Peleton Brimob Subden A Bima, 1 Peleton Dalmas ,1 Peleton Sat Lantas, 1 Peleton Gabungan Staf Polres Bima, 1  Peleton Bhabinkamtibmas, 1 Peleton Gabungan Sat Intelkam, Reskrim dan Narkoba ,1 Peleton Pol PP Pemkab Bima  1 Peleton Polhut Kab. Bima, 1 Peleton Senkom.dan 1 Peleton BMKG Bima.

 Amanat Pimpinan apel yang intinya :

a. Kebakaran Hutan dan Lahan adalah fenomena yang selalu berulang setiap tahun diwilayah Kab. Bima yang diakibatkan oleh masyarakat yang melakukan pembakaran untuk membuka lahan menjelang musim tanam oleh karena itu membutuhkan perhatian dan konsistensi semua pihak untuk penanganannya.

b. Peningkatan kebakaran hutan dan lahan paling besar terjadi diwilayah Kec. Sanggar yang mencapai seluas 300 Ha dan terjadi juga dibeberapa wilayah lain seperti di Kec. Parado, Kec. Donggo, Kec. Woha, Kec. Soromandi dan Kec. Palibelo Kab. Bima, diperkirakan puncak kebakaran akan terjadi pada Bulan Oktober, pelaku pembakaran lahan adalah mereka yang sudah terbiasa, tugas kita tetap memberikan pemahaman agar mereka sadar apabila tidak mengindahkan maka perlu diambil tindakan hukum yang tegas.

c. Berbagai langkah antisipasi bencana sudah dilaksanakan yang melibatkan TNI, Polri, dan jajaran Pemerintahan lainnya termasuk Pemerintah Daerah dengan menjadi fokus utama dengan pelibatan dan peran serta semua pihak terutama masyarakat.

d. Satgas Karhutla di Kab. Bima bertugas memadamkan kebakaran lahan di perbukitan yang terjadi di wilayah hukum Polres Bima dibawah kendali Bupati Bima, kebakaran lahan akan termonitor di BMKG Bima.

e. Sebagian besar wilayah di Kab. Bima terdiri dari pegunungan dan perbukitan sehingga mempersulit pemadaman menggunakan alat taktis sehingga kami dari pihak kepolisian mebuat alat pemadam manual dengan menggunakan karung goni dan saya menyarankan agar stake holder terkait untuk membuat alat pemadam manual menggunakan karung goni maupun alat lainnya yang bisa digunakan untuk memadamkan api apabila sewaktu-waktu terjadi kebakaran hutan dan lahan.
f. Agar Satgas Karhutla lebih meningkatkan kegiatan patroli terpadu ke wilayah-wilayah yang sering terjadi kebakaran hutan dan lahan agar penanganan dan pencegahan dapat dengan cepat serta melakukan deteksi dini dengan cara mendatangi para pemilik lahan untuk diberikan himbauan terkait dengan dampak yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan.
g. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh stake holder yang hadir dan mendukung Satgas Karhutla karena masalah ini menjadi perhatian kita bersama.

 Apel gelar perakhir pada pukul 08.45 wita, berjalan dengan tertib dan lancar  dan lancar.(koo1hum)

No comments

Powered by Blogger.