Sebanyak 40 Ribu Pohon Siap Ditanam Untuk Normalisasi Hutan

Bima,Kabaroposisi--Sebanyak 40 ribu pohon yang disemaikan siap ditanam di  wilayah  10 wilayah guna untuk mengembalikan normal hutan yang ada di wilayah kabupaten Bima dan Dompu.

Ribuan pohon ini akan ditanam di beberapa lokasi antara lain di Kecamatan Dompu, Madapangga, Woha, Belo, Monta dan lainnya.
" 40  ribu pohon tersebut akan ditanam saat Musim Hujan (MH) akan dating,” ujar Kepala BKPH-TPMRW. Syaifullah, S. Hut, MSi di ruangannya Selasa (6/8/19).

Kata Syaifullah, penanaman pohon tersebut merupakan program demplot agro Forestry atau yang biasa disebut rehabilitasi lahan dengan system tumpang sari. “program ini merupakan bagian dari upaya penghijauan kembali hutan yang telah gundul,” tutur dia.

Saat ini kata dia, persemaian bibit pohon dilakukan di setiap resort yang menjadi sasaran KPH TPMRW. Yakni setiap wilayah terdiri dari 4 ribu pohon. “Jenis pohon yang disemaikan yakni Kemiri, Sri Kaya, Jabon dan tanaman serba guna lainnya,” jelas Syaifullah.

Lebih lanjut kata dia, penanaman pohon nantinya akan dilibatkan kelompok  masyarakat yang memiliki lahan. “Luas lahan 100 hektar. Yakni setiap lahan masing masing 10 hektar,” ungkap dia.
Dirinya berharap apa yang menjadi hajatan ini tidak menuai kendala, sehingga apa yang menjadi harapan bersama terwujud nyata.

Dirinya berharap semoga program ini tidak menuai kendala sehingga pada akhirnya hutan kembali normal,” pungkasnya.(K001)

No comments

Powered by Blogger.