Sertijab kapolsek Donggo Terlaksana

Bima,Kabaroposisi--Pada hari Senin tanggal 02 September 2019 pukul 08.00 wita bertempat di Lapangan Apel Polres Bima telah berlangsung kegiatan upacara Serah Terima Jabatan Kapolsek Donggo Polres Bima dari pejabat lama IPTU BAMBANG INDRAT SUGIANTO S sos kepada pejabat baru IPTU SUKARMIN dan bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Bima AKBP BAGUS S. WIBOWO S.ik dan Komandan Upacara IPDA Ruslan Agus. 

Pejabat Kapolsek yang lama IPTU BAMBANG INDRAT SUGIANTO  S.Sos akan menduduki jabatan Baru sebagai Kapolsek Brang Rea Polres Sumbawa Barat sedangkan  pejabat baru Kapolsek Donggo IPTU SUKARMIN sebelumnya menjabat sebagai Kasubbag Sarpras Bagian Sumda Polres Bima Kota. 

 Dalam Upacara serah Terima jabatan tersebut diIkuti oleh  :

1. 1 peleton perwira terdiri dari PJU, perwira staf Polres Bima dan Kaposlek Jajaran Polres Bima. 
2. 2 peleton Dalmas Sat Sabhara. 
3. 1 peleton gabungan Staf Polres Bima. 
4. 1 peleton Sat Lantas Polres Bima. 
5. 2 peleton gabungan Sat Intel Kam, Reskrim dan Narkoba. 
6. 1 regu gabungan ibu Bhayangkari Cabang dan Ranting Polres Bima. 
7. 1 regu ANS Polres Bima. 

 Amanat inspektur upacara yang intinya  antara lain  :

a. Uapacar serah terima jabatan berdasarkan Surat Telegram Kapolda NTB Nomor : STR/405/VIII/2019 tanggal 27 Agustus 2019 tetang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polda NTB. 
b. Untuk Polres Bima terdapat pergeseran/mutasi jabatan Kapolsek Donggo dari pejabat lama IPTU Bambang Indrat Sugianto, S.Sos di gantikan pejabat baru  IPTU SUKARMIN. 
c. Mutasi adalah hal yang biasa dan wajar dalam sebuah organisasi apalagi organisasi besar seperti Polri  bertujuan melakukan penyegaran dan pengembangan karier dari personil.
d. Perlu diingat bahwa sebuah jabatan merupakan amanah dan kepercayaan tidak hanya oleh pimpinan Polri tapi juga dari Allah SWT ( Tuhan Yang Maha esa). 
e. Sebagai pimpinan Polres Bima beserta seluruh staf mengucapkan terima kasih kepada IPTU Bambang Indrat Sugianto S. Sos atas segala dedikasi dan pengabdian yang telah diberikan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab selama menjabat sebagai Kapolsek  Donggo  , begitupula kepada Nyonya Bambang kami mengucapkan terimakasih sudah mendukung pelaksanaan tugas suami selama menjabat sebagai Kapolsek Donggo serta kami mendo'akan yang terbaik dan sukses selalu kepada sudara IPTU BAMBANG dan keluarga dimanapun ditugaskan. 
f. Kepada IPTU SUKARMIN  selamat datang kembali di Polres Bima yang kita cintai. Karena IPTU Sukarmin sebelumnya pernah menjabat sebagai Kapolsek dan jabatan lain di Polres Bima saya memberikan penekanan dengan beberapa poin yaitu:

1) Segera menyesuaikan diri dan kenali lingkungan internal dan eksternal dengan cepat dan cermat beserta potensi yang ada. 
2) Tindak lanjuti hal positif yang sudah dilakukan oleh pejabat lama serta lakukan pembenahan apabila ada kekurangan. 
3) Banyak tugas-tugas yang menanti  seperti pemilihan BPD, penanganan Karhutla dan lain-lain. 
4) Agar mampu memimpin dan mengendalikan seluruh anggota dibawah kepemimpinannya.
g . Kepada ibu - ibu Bhayangkari agar dapat memberikan dukungan moril kepada suami dalam melaksanakan tugas. 
h. Mengakhiri amanat Kapolres memberikan perintah dan penekanan kepada seluruh personil dan jajaran yaitu :
1) Agar tetap melaksanakan tugas dengan baik, meningkatkan loyalitas, dedikasi, semangat pengabdian serta soliditas antara bagian dan satuan fungsi lainnya dalam rangka peningkatan kualitas kinerja. 
2) tingkatkan soliditas dan sinergitas baik antara individu maupun antar fungsi karena keberhasilan tugas akan sangat ditentukan oleh sikap saling kerjasama diantara rekan-rekan sekalian serta jangan pernah apatis dan jangan pernah mengkotak-kotakkan tugas. 
3) Pelihara serta manfaat sarana dan prasarana yang ada guna mendukung pelaksanaan tugas sehari - hari. 
4) Hindari pelanggaran disiplin, pelanggaran kode etik, pelanggaran melawan hukun dan sikap yang tidak terpuji yang dapat mengakibatkan rusaknya citra pribadi, keluarga dan institusi Polri di mata masyarakat. 


Kegiatan Upacara sertijab berakhir pada pukul 08.25 wita berjalan dengan tertib dan lancar dilanjutkan dengan  acara pisah sambut bertempat di teras Kantor Polres Bima. 

   
Dalam acara pisah sambut baik pejabat lama maupun pejabat baru  masing masing menyampaikan Kesan dan pesan  :

a. Pejabat lama yang intinya :

1) Ketika saya menerima TR sebagai Kapolsek Donggo, pada saat itu selama satu Minggu memikirkan hal tersebut karena sebelumnya saya mengetahui Bima merupakan Daerah yang cukup rawan teroris dan kriminal lainnya.
2) Saya pribadi melihat bahwa Masyarakat Bima pada umumnya berwatak keras namun masih bisa kita jalin rasa persaudaraan dan komunikasi yang baik sehingga dalam melaksanakan tugas tetap aman dan lancar.
3) Semenjak saya jadi perwira dan bertugas di Polres Bima sebagai Kapolsek Donggo, saya menemukan pemimpin yang baik yang mana menurut saya Bapak Kapolres Bima AKBP BAGUS S. WIBOWO S. Ik sangat tegas dan perlu saya garis bawahi bukan berarti pemimpin sebelumnya tidak baik tetapi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
4) Saya mohon Do,a kepada rekan-rekan agar di tempat tugas yang baru saya di mudahkan dalam urusan tugas oleh yang maha kuasa Allah SWT.
5) Saya mengucapakan terimaksih banyak kepada pimpinan dan rekan-rekan semua yang telah mendukung dan mengarahkan saya selama tugas dipolres Bima sehingga bisa melaksanakan tugas sesuai dengan harapan walaupun ada kekurangannya.

b. Pejabata baru yang intinya :
1) Mengucapkan trimaksih kepada Bapak Kapolres Bima yang telah melantik saya sebagai Kapolsek Donggo dan sebelumnya juga saya pernah menjabat sebagai Kapolsek Tambora.

2) Saya mengharapakan Do,a dan bantuan, motivasi,dorongan ataupun petunjuk dalam pelaksanaan tugas sehingga bisa melaksanakan tugas sesuai aturan, jujur mungkin pada saat saya sebagai kapolsek Tambora banyak kesalahan yang saya lakukan dan lewat kesempatan ini meminta maaf atas pelanggaran ataupun kesalahan yang saya pernah lakukan sebelumnya.

     
Sambutan Kapolres Bima yang intinya :
a. Mengawali penyampaian saya hari ini mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT mudah-mudahan dengan acara kita hari ini lebih meningkatkan rasa persaudaraan kita semua dan silaturahmi tetap terjaga.

b. Banyak yang saya perhatikan dan menilai terhadap pejabat lama selama melaksanakan tugas sebagai Kapolsek Donggo   , sudah cukup baik dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sehingga  situasi di wilayah Donggo tetap dalam keadaan kondusif. 

c. Dari penilaian Masyarakat Donggo tentang kinerja pejabat lama sangat baik dan meninggalkan kesan yang sangat baik dan saya ucapkan kepada pejabat lama selamat bertugas ditempat tugas baru.

d. Secara pribadi saya meminta maaf kepada pejabat lama mungkin selama tugas dipolres Bima saya salah kata ataupun tingkah laku.

e. Selamat datang pejabat baru dan apa yang disampaikan oleh bapak tadi itu merupakan bentuk semangat bapak semoga dalam pelaksanaan tugas kedepan meninggalkan kesan yang baik untuk masyarakat lebih-lebih buat institusi dan itu semua tergantung dari kemauan kita semua.

f. Dan saya rasa pejabat lama tidak butuh waktu yang lama untuk penyesuaian diri ditempat tugas yang baru karena sebelumnya pernah bertugas di Polres Bima, sekali lagi saya ucapkan selamat untuk pejabat lama maupun pejabat baru semoga dalam melaksanakan tugas ditempat masing-masing bisa melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Seluruh rangkaian kegiatan berakhir pada pukul 09.45 wita.(koo1hum)

No comments

Powered by Blogger.