Terjadi Karhutla di So Muku,Kasubsektor Cepat Tanggap

Bima,Kabaroposisi--Kasubsektor Daru Mendapat Informasi dari masyrakat setempat bahwa terjadi Karhutla di So Muku watasan dusun Muku Desa Sanolo,Kecamatan Bolo,Kabupaten Bima,Provinsi NTB. Kejadian ini terjadi pada hari Selasa tanggal 3 September 2019 sekitar pukul 14.00 wita.

Melalui Humas Polres Iptu Hanafi menjelaskan setelah mendapat informasi tersebut kemudian Kasubsektor Daru IPDA MUHTAR bersama anggotanya dan mengajak Kadus Muku saudara Abdul Hamid dan masyarakat sekitarnya mendatangi TKP Karhutla untuk melakukan memadamkan titik api.

Lanjutnya, Setelah berada di TKP Kasubsektor Daru Ipda Muhtar bersama anggota dan masyarakat Dusun Muku melakukan pemadaman titik api di kebun Jati saudara Mansyur. H Abas menggunakan alat berupa sepotong bambu ujungnya di ikat dengan karung goni yang di basahkan .

Kebakaran lahan berupa daun jati dan rumput yang sudah kering di perkirakan seluas 1 Ha tersebut di duga  akibat  dari api puntung rokok yg di buang oleh masyarakat yang menggembala sapi di so Muku sehingga api dengan cepat membakar daun jati  dan rumput yang sudah kering apalagi saat kejadian keadaan angin yang  kencang sehingga api cepat merambat atau meluas.

Dengan semangat  yang tinggi  dari  personel  Sub sektor  Daru  yang di bantu oleh masyarakat  di bawah pimpinan IPDA MUHTAR  sehingga api berhasil di padamkan sekitar pukul 15.30 wita.

Kapolres Bima AKBP BAGUS S. WIBOWO S. Ik melalui Kasubbag Humas IPTU HANAFI  tetap  memberikan himbauan  kepada masyarakat  agar tidak membuang putung rokok  di sembarang  tempat apalagi pada lokasi  rumput, ilalang dan daun jati kering dan sebelum membuang puntung rokok agar pastikan  apinya sudah mati atau padam.(koo1hum)

No comments

Powered by Blogger.