Menjelang Musim Tanam, Pemdes Sumi Gelar Musyawarah Penetapan Tgl Tanam Bawang Merah

foto: Suasana Rapat Pemdes Sumi,Kecamatan Lambu.
Bima,KABAROPOSISI.Com--Menjelang musim tanam tiba Pemerintah Desa Sumi Kecamatan Lambu Kabupaten Bima-NTB menggelar musyawarah dan mufakat bersama masyarakat untuk menetapkan tanggal penanaman bawang merah.

Kepala Desa Sumi Masrun M. Ali, menerangkan bahwa musyawarah dan mufakat penetapan tanggal penanaman bawang merah di Desanya sudah menjadi budaya. Menurutnya, dengan adanya musyawarah dan mufakat akan memperkuat jiwa gotong royong kami", terang Kades Sumi saat di wawancarai media ini di aula kantor Desa Sumi (1/7/2020).

Dalam musyawarah tersebut Pemerintah Desa Sumi menggudang Pemdes Rato dan Melayu, karena dua Desa tersebut masuk wilayah pertanian Desa Sumi. Selain Pemdes Rato dan Melayu, musyawarah dan mufakat tersebut di hadiri oleh P3A, Tokoh masyarakat serta Ketua RT/RW se Desa Sumi. Hal itu di lakukan oleh Pemerintah Sumi, supaya tidak ada protes memerotes lagi dalam penetapan tanggal penanaman bawang merah ini, ucapnya.

Akhir dari musyawarah dan mufakat tersebut, masyarakat dan Pemerintah Desa menyepakati tanggal penanaman bawang merah jatuh pada tanggal 6 Agustus 2020, untuk So Tolo Na,e, So Tolo Bou tanggal 3 Agustus, Sedangkan untuk So Tolo Mpungga tanggal 27 Juli, paparnya.

Kades, menyampaikan juga bahwa kebiasaan masyarakatnya menjelangkan tanam bawang merah, mereka akan adakah do'a bersama. Katanya, do'a itu di lakukan untuk meminta berkah dari Allah SWT, ucapnya.(KO.O6)

No comments

Powered by Blogger.