Sillaturahmi Dengan Beberapa Tokoh Bima, Kapolda NTB Dapat Berbagai Masukan

foto: Kapolda NTB melangsungkan Pertemuan dengan Tokoh Bima.
Kabupaten Bima,KABAROPOSISI.Com--Silaturrahmi dan Ramah Tamah  Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal, S.I.K, MH beserta rombongan bersama dengan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, OKP dan kelompok Cipayung plus, Pimpinan Perguruan tinggi, Pada hari Jum'at 10 Juli 2020 pukul 20.00 Wita, bertempat di rumah makan BBA Desa Belo, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima.

Dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal, S.I.K, MH,Irwasda Polda NTB Kombes Pol Djoko Hari Utomo, S. I. K, Dir Lantas Polda NTB Kombes Pol Noviar, S.I.K,Dir Reskrimsus Polda NTB Kombes Pol I. G. P. Ekawana, S.I.K,  Dir Intelkam Polda NTB Kombes Pol Susilo Rahayu Iriyanto, S. I. K, Kapolres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo, S.I.K, Rektor STKIP Tamsis Bima Dr. Ibnu Kaldun, Kelompok Cipayung Plus Bima Dompu  (HMI, PMII, GMNI, IMM, KAMMI),Insyan Pers, dan Tamu undangan sekitar 100 orang.

Pada saat Pertemuan dan sillaturahim ada beberapa tokoh  yang menyampaikan sambutan dan masukan kepada Kapolda NTB,  di antara lainnya, Wali Kota Bima H. M. Lutfi, SE. mengungkapkan bahwa pengalaman saya mengharapkan kepada adik-adik aktifis terkait adanya aksi unjuk rasa yang sering dilakukan dalam tuntutannya yang tidak berdasarkan baik data sehingga dari pihak Pemerintah tidak gampang memberikan/menanggapi satu tuntutan tanpa data-data kerangka ilmiah, tetapi nuansa saat ini telah hilang, seolah-olah aktifis ini telah berdiri sendiri, akademisi berdiri sendiri padahal kahadiran kedua ini adalah bingkai perjuangan nilai yang berbasis pada kerangka ini.

Ketua MUI Kabupaten Bima KH.Abdurahman Haris, dikatakannya dalam pertemuan ini diharapkan akan dapat menyatukan hati dan pikiran kita dalam membangun Daerah Bima yang kita cintai. 

Lanjut Ketua MUI, Kenikmatan sehat yang harus kita jaga dalam kehidupan kita adalah apabila kita teratur dalam mengonsumsi makanan dan menjaga kesehatan kita maka lahirlah sehat yang jasmani dan rohani," terang KH Abdurahman.

Sementara itu, Ketua NU Kota Bima Sdr.  H. Mahmud Mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolda dan rombongan, bahwa Rahmat kita hari ini telah dipertemukan dengan Bapak Kapolda NTB dalam silaturrahmi ini. Kalau silaturahmi kita kuat maka Daerah Kota dan Kabupaten Bima dan Provinsi NTB juga akan kuat, maka dari itu kami mengucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan Kapolda NTB telah meluangkan waktunya bersilaturrahmi dengan masyarakat Bima Kota dan Kabupaten Bima.

Pengurus Yayasan Islam Bima H. Abubakar H. M. Amin Mengucapkan rasa syukur bahwa malam ini kita masih diberikan kesehatan, kekuatan dan kesempatan sehingga bisa bertatap muka dengan Kapolda NTB.

Ditambahkannya, Kehadiran bapak Kapolda NTB dalam rangka ingin bersilaturahmi agar hubungan emisional kita dekat baik dari sisi agama karena di wilayah Bima memiliki mayoritas tiga agama yaitu Islam, Kristen dan Hindu agar tetap harmonis.

Mengucapkan terimakasih kepada Kapolda NTB karena telah membangun pendekatan ekonomi denga kelompok Aktivis karena ini adalah yang paling utama dan tidak semata-mata masalah aktifis adalah harus melakukan aksi unjuk rasa.

Ketua STKIP Tamsis Kota Bima dr. Amran yang intinya Mengucapkan terimakasih kepada Kapolda NTB karena telah menyempatkan waktu dalam kegiatan ini semoga bisa membangun komunikasi yang baik dengan aktifis dan masyarakat Bima dan Dompu.

PA GMNI Ashar Yaman yang intinya bahwa mengucapkan selamat datang kepada Bapak Kapolda NTB agar bermitra dengan baik dalam menjaga keamanan di wilayah Polda NTB

Ketua Pemuda Muhamadiyah Bima Hajairin 
Menjadi bahan evaluasi kita saat ini terkait persoalan penegakan hukum menjadi persoalan cukup serius di wilayah Kab. Bima dimana saat ini nampaknya selalu terjadi adanya tindakan aparat kepolisian diluar dari SOP, terkait permasalahan tersebut agar Kapolda NTB mempunyai bahan evaluasi padahal kita tahu lembaga di Kepolisian adalah independensi dan tidak bisa di interfensi oleh siapa pun, maka dari itu agar memaksimalkan instrumen yang ada sampai ditingkat direktorat bahkan sampai ditingkat HAM karena kami menganggap masih ada kekeliruan dalam dalam SOP.

Alumni HMI Irman, Mengucapkan rasa bangga kepada Kapolda NTB bahwa telah menunjukan kepada kami karena telah merangkul kami dalam satu wadah ingin menciptakan situasi keamanan di wilayah Bima dan Kota Bima.

Mengharapkan kepada aparat kepolisian agar dalam bertindak dilapangan sesuai dengan SOP dan jaga kami dalam menyampaikan aspirasi di muka umum. Secara kelembagaan bahwa program-program yang Kapolda bawa di wilayah bima kami ucapkan terima kasih dan kami sambut dengan baik.

Ketua Djikir Kabupaten Bima M Anwar H. Abas Mengucapkan rasa bangga kepada Kapolda NTB bahwa telah menunjukan kepada kami karena telah merangkul kami dalam satu wadah ingin menciptakan situasi keamanan di wilayah Bima dan Kota Bima dan Mengajak agar kita selalu hidup rukun

Ketua BEM STKIP Tamsis Bima Sahrul Ramadhan Dalam agenda dan silaturrahmi ini terkait dengan demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa jangan melakukan tindakan anarkis. Serta mengharapkan kepada  Kapolda NTB agar tidak bosan-bosan mengadakan pertemuan dengan Mahasiswa karena kita adalah mitra

Setelah mendengar semua  Penyampaian para tokoh tersebut maka Kapolda NTB menyampaikan, ucapan terimakasih kepada seluruh undangan yang hadir dalam acara silaturahmi dan perkenalan ini semoga insya allah membawa berkah. Kalau adik-adik aktivis adalah kepanjang tanganan dari masyarakat dalam membangun bangsa dan negara agar tetap kita jalin hubungan silaturrahmi.

 Mari kita bersama-bersama bergandengan tangan, Polisi merubah, masyarakat merubah, aktivis berubah memang demontrasi yang diberikan kewenangan oleh bangsa dan negara itu absolute, maka dari itu Pemolisian harus partisipatif dalam merangkul masyarakat agar tetap terciptanya situasi yang aman dan kondusif.

Kami pihak Kepolisian sangat membutuhkan adik-adik aktivis kalau ada anggota Polri yang bertindak nakal agar segera dilaporkan dan saya akan bertindak tegas. Kami Polisi dalam waktu dekat akan menekan siap menyambut era demokrasi kedepannya. Kegiatan silaturrahmi dan tatap muka berakhir pada pukul 21.50 wita  berjalan dengan aman dan lancar.(KO.O1)

No comments

Powered by Blogger.