"IKM Leo Food-Sembalun, Mandiri Itu Menyenangkan"

Mataram,KabaroposisiNTB.Com--Kemandirian IKM NTB menjadi salah satu isu sentral yang selama ini sering dijadikan bahan diskusi. Bagaimana agar IKM NTB mampu berdiri sendiri, mencukupi kebutuhan sendiri dan menjadi contoh buat IKM yang lain bahwa mandiri itu ternyata menyenangkan. 

IKM Leo Food-Sembalun, di kaki Rinjani, menyajikan fakta menarik ini. IKM yang berkonsentrasi pada segala jenis olahan kentang ini melakukan semuanya sendiri secara terintegrasi. Pembibitan kentang, penanaman, pengolahan dan penjualan olahan kentang semua dilakukan secara swadaya oleh Pak Leo, owner IKM Leo Food Sembalun. Swadaya bukan berarti dimonopoli sendiri, namun tetap dengan melibatkan masyarakat sekitar untuk bermitra. 

Yang lebih keren, Pak Leo dengan tata kelola keuangan IKM yang baik bahkan mampu membeli sendiri mesin-mesin untuk mendukung produksi dan proses olahan kentangnya. Buat sebagian orang, mungkin ini hal yang biasa, namun tentunya tidak semua bisa melakukan hal seperti ini. Ketekunan dan kerja keras merupakan spirit yang mengawal IKM Leo Food untuk mencapai levelnya yang sekarang. 

Menyenangkan sekali rasanya membayangkan semua IKM NTB mampu melakukan aksi swadaya seperti ini. Mendorong kemandirian IKM NTB adalah tugas Dinas Perindustrian NTB beserta seluruh mitra kerjanya, tentunya totalitas dari IKM NTB pun  sangat membantu proses kemandirian ini. Karena bagaimanapun, tangan diatas jauh lebih baik daripada tangan dibawah. 

Kemandirian IKM NTB bukanlah mimpi. Industrialisasi adalah jalan terbaik untuk mencapai itu semua. Bersama-sama, kita bisa. Menuju NTB Gemilang.(KO.O3)

No comments

Powered by Blogger.