IKADI Kabupaten Bima Laksanakan Training Wirausaha Ekonomi Kreatif

Keterangan Foto: Kegiatan Training Wirausaha Ekonomi Kreatif oleh IKADI.

Bima,KABAROPOSISINTB.Com--Ikatan Da’i Indonesia (IKADI) Kabupaten Bima merupakan lembaga yang menjadi wahana para da’i dan umat Islam untuk melakukan kerja bersama memperbaiki kondisi umat dari keterpurukan dan menyebarkan Islam yang lurus (hanif) moderat (wasathi) nan rahmatan lilalamin di segala bidang. 

Salah satu program kerjanya di tahun 2022 ini adalah Training Wirausaha Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Bima dan aplikasi go HALAL Indonesia (goHAi).Tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan dan melatih masyarakat tentang ekonomi kreatif dengan memanfaatkan teknologi yaitu aplikasi karya putra daerah NTB goHAi. 

Kegiatan ini berhasil dilaksanakan dengan sukses dengan jumlah peserta sebanyak 52 orang yang dilaksanakan hari Selasa,1 Februari 2022 jam 09.00-17.30 WITA di Aula SMAN 1 Woha. 

Hadir untuk memberikan sambutan dan membuka acara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima Aris Munandar, ST, MT selaku pejabat yang mewakili Bupati Bima, Ketua komisi IV DPRD Kab. Bima Bapak Ilham YusuF, S.H., Kepala Desa Rabakodo Drs. Zumardani, dan Kepala Sekolah SMAN 1 Woha Khairul Juhdy, S.Pd. 

Dalam sambutannya,Kepala Dinas Pariwisata menyambut baik acara semacam ini khusus terkait Ekonomi Kreatif. Menurut beliau,usaha bidang ekonomi saat ini tidak boleh terpaku pada cara-cara konvensional saja melainkan dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang ada seperti aplikasi goHAi namun dengan tetap mengikuti syariat islam dalam berbisnis. 

Beliau berharap,setelah acara para peserta diberikan pendampingan agar benar-benar menjadi wirausahawan. 
Acara yang dihelat di Aula SMAN 1 Woha tersebut menghadirkan 3 mentor bisnis yang kiprah dan pengalamannya tak asing di telinga. 

Ust M. Syukrillah, S.Th.I,.M.Ag selaku Ketua MUI Raba menyampaikan materi Fiqh Muamalah sebagai panduan dalam berwirausaha yang halal dan berkah.Dokter sekaligus pengusaha, dr.Hj. Early, MPH, CTMR, menyampaikan kiat mengubah pengeluaran menjadi pendapatan. 

Materi pamungkas “Bedah Platform Digital goHAI, transportasi online, dan marketplace” disampaikan oleh Founder sekaligus CEO aplikasi goHAI (go Halal Indonesia) yang merupakan putra asli NTB. Beliau berharap goHAI mendapatkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Indonesia, khususnya warga NTB tercinta.
“goHAI memberikan kemudahan dalam bertransaksi, berbisnis, dan bersedekah. Dan yang lebih penting, ini karya putra daerah yang harus kita dukung” ungkap pria yang saat ini berdomisili di Kota Bima itu. 

Banyak peserta yang merasakan manfaat dari acara ini, salah satunya dari Furkan Ardiansyah, mahasiswa STKIP Taman Siswa "setelah mengikuti kegiatan ini, saya mendapat banyak manfaat misalnya wawasan wirausaha semakin terbuka dan diajarkan langsung teknis menggunakan aplikasi goHAi sebagai sarana jualan pulsa dan PPOB, buka toko online,menjadi ojek online. Saya jadi lebih semangat untuk memulai usaha". 

Ketua IKADI Kab Bima, Ust Muslim, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini akan terus diselenggarakan oleh IKADI, tentu atas dukungan dan kerja sama dengan aplikasi goHAi dan PEMDA KAB BIMA. (Sam-03).(Red,Ko.O1)

No comments

Powered by Blogger.