Tak Tahan diphp, Pemilik Lahan Relokasi Blokir Jalan

Keterangan Foto: Saat Pemblokiran Jalan di Desa Tambe.

Bima,KABAROPOSISINTB.Com--Akibat kejelasan pergantian atas lahan mereka di proyek relokasi banjir di Desa Tambe, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, tak ada hasilnya pemilik lahan melakukan blokade jalan di desa setempat pada Rabu (2/2/22) sekitar pukul 12:20 WITA. 

Aksi tersebut meminta kepada Pemda Kabupaten Bima, agar kejelasan pergantian lahan warga yang dipergunakan di Relokasi perumahan segera diselesaikan.Pasalnya, sebelumnya diberitakan media juga akhir Januari 2022 ini akan dituntaskan.

"Kita sudah lama menunggu kejelasan dan solusi persoalan lahan warga ini. Namun hingga kini belum ada jawaban pasti baik dari Pemerintah Daerah (Pemda) maupun dari pelaksana proyek (PT HK). Padahal proyeknya hampir selesai dikerjakan," ungkap salah satu warga.
Diketahui, pemilik lahan yang masih bermasalah di atas pembangunan proyek tersebut ada delapan orang dan masing masing memiliki luas lahan yang variatif. 

Berdasarkan informasi, lahan warga itu dijanjikan akan ditukar guling dengan lahan milik Pemerintah Daerah. Namun sampai saat ini belum ada kejelasan. 

"Awalnya warga dijanjikan ada biaya pembebasan lahan. Tapi di tengah jalan, muncul penawaran baru, bahwa lahan warga itu akan ditukar guling dengan lahan milik Pemerintah Daerah (Pemda) sesuai luas tanah yang diambil dan hingga kini belum terealisasi. Ini namanya pembodohan terhadap warga," kata pemuda Tambe, Chaca, di tengah tengah aksi berlangsung. 

Persolan ini, warga berharap pihak terkait terutama Pemerintah dan pelaksana proyek agar segera mencarikan solusi terbaik atas hak warga tersebut. "Polemik lahan warga ini harus segera diselesaikan. Jangan sampai berlarut larut," pinta warga.

Aksi blokade jalan yang dimulai siang tadi hingga kini masih berlangsung. Sejumlah kendaraan mengantri menunggu jalan dibuka. Hingga arus lalulintas lumpuh total dan kemacetan mencapai ratusan meter.

Sementara pihak aparat yang dikerahkan di lokasi aksi berusaha melakukan upaya negosiasi yang akhirnya membuahkan hasil. Bahwa pemilik lahan akan dipertemukan dengan pemerintah daerah dan pihak terkait untuk membicarakan persolan lahan tersebut, agar segera dituntaskan. 

Usai negosiasi berlangsung, jalan akhirnya kembali dibuka sekitar pukul 13:40 WITA dan arus lalulintas kembali normal. Dan informasinya nanti malam akan ada pertemuan pihak Pemda Bima dengan pemilik lahan di Kantor desa.(Red,Ko.O5)

1 comment:

  1. YouTube channel dedicated to 'Million Dollar' video games
    YouTube channel youtube mp4 dedicated to 'Million Dollar' video games Watch the full-game YouTube channel: https://youtu.be/QiLlYcjqYj.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.