HMS Pimpin Rombongan DPR RI bertemu DPR PNG Membicarakan Penerbangan Langsung Denpasar ke Port Moresby

Keterangan foto: Saat HMS rapat dengan Parlemen Papua Nugini


JAKARTA, KabaroposisiNTB. COM- Anggota DPR RI Dapil NTB 1 H Muhammad Syafrudin ST, MT, bersama DPR RI lainnya menjadi pimpinan saat kunjungan kerja di Negara Tetangga Papua Nugini. Pada kesempatan itu, berbagai pembahasan dibahas baik kerja sama, investasi dan keamanan bagi kedua negara pada daerah perbatasan dalam rangka kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke depan, demikian disampaikan HMS, Senin (19/6). 

HMS mengungkapkan salah satu keinginan Papua Nugini agar Indonesia tidak hanya fokus kepada masalah perbatasan saja dalam bahasan kerjasama, namun juga investasi di berbagai sektor.


"Menyikapi hal itu, HMS menuturkan hal tersebut akan tetap dimaksimalkan apalagi adanya pengusaha Indonesia yang berinvestasi di Papua Nugini, " Ujarnya. 


HMS mengatakan, pada beberapa waktu lalu James Marape sempat menitipkan pesan untuk pemerintah Indonesia terkait hubungan kerjasama yang telah terjalin.


“Ada beberapa pesan Perdana Menteri atau Ketua Parlemen. Sebagai negara G20 dan negara tetangga terdekat dengan Indonesia, mereka berharap banyak adanya peningkatan kerjasama dari sektor ekonomi,sosial budaya, pendidikan, perguruan tinggi, dan investasi,” kata HMS. 


Lebih lanjut HMS menegaskan Papua Nugini sangat berharap agar Indonesia tidak hanya fokus pembahasannya tentang isu perbatasan saja, tetapi lebih fokus pada hubungan kerjasama di berbagai sektor.


“Mereka sangat berharap agar adanya kerjasama dengan kita dari berbagai sektor seperti peningkatan ekonomi, peningkatan investasi, peningkatan kerja sama people to people, pariwisata, direct flight dan lainnya,” ujarnya. 


Kunjungan kenegaraan HMS mengatakan, Presiden Joko Widodo rencananya akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Papua Nugini pada 6-7 Juli 2023. Kunjungan kenegaraan itu dinilainya harus dijadikan momentum menjalin kerjasama yang luas di berbagai bidang.


“Jangan menjadikan kunjungan ini sebagai kunjungan biasa. Namun jadikan sebagai momentum untuk menunjukkan komitmen Indonesia yang betul-betul ingin mendukung, membantu dan membina hubungan yang lebih maksimal dengan Papua Nugini, baik bidang perdagangan, people to people, investasi, capacity building dan bidang-bidang lainnya,” tegasnya. 


Pada kesempatan itu juga HMS memaparkan, jalur pesawat (Port Moresby) - Denpasar dalam waktu dekat akan ada Dengan menggunakan Citilink.  Turut serta pada kesempatan itu, duta besar Indonesia untuk Papua Nugini Adriana Supardin dan Duta Besar Papua Nugini untuk Indonesia Simon ikut serta. (MARLIN) 

No comments

Powered by Blogger.