Diduga akibat Arus Pendek, Satu Rumah di Desa Sie Hangus Terbakar

BIMA, KabaroposisiNTB. COM_  Kebakaran di Desa Sie, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), rumah milik Pasangan Yadin (57) dan Jubaidan (56), diduga karena arus pendek. Kejadian terjadi tepatnya di Dusun Sie RT 07 / RW 02 Desa Sie, pada hari Rabu (12/06/2024) sekitar pukul 09.20 wita. 

Kapolsek Monta, AKP Takim kebakaran diduga akibat arus pendek listrik, "rumah dalam keadaan kosong dan pemilik rumah sedang berada di luar desa" jelasnya. 

Kronologis kejadian, lanjut Takim, salah seorang warga bernama Imasari (25) sedang duduk dan tiba-tiba melihat asap keluar di belakang rumah. 

Imasari kemudain lari minta tolong, dengan cepat si jago merah meluas dan asap membimbing tinggi dari atap rumah. 

Salah seorang warga setempat Nurjanah juga melihat kejadian itu berlari meminta tolong, warga sekitar pun berusaha memandamkan api dengan alat seadanya. Namun api berhasil dipadamkan setelah mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. 

Hasil tinjauan median ini, personel Pemadam kebakaran dengan sigap memadamkan api sehingga tidak merambat ke rumah-rumah warga yang lain. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Bima, A Rifai menyampaikan telah mengerahkan 4 unit mobil pemadam kebakaran, "setelah ada laporan warga kami langsung kerahkan armada Monta, Woha, Palibelo dan Armada Mako Damker," ungkap Kadis. 

Sementara itu Kades Sie, Aman Munir S. Sos menjelaskan, selama 2 hari rumah dalam kosong," pemilik rumah sedang  berada di rumah saudaranya di desa tangga ombo", bebernya.

Akibat musibah tersebut, sebuah rumah berukuran sekitar 7x12 yang beratapkan seng hangus dilalap si jago merah,"semua tidak dapat diselamatkan, 2 unit sepeda motor dan surat-surat penting ikut terbakar," terang Aman Munir. 

Lebih lanjut Kades menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian ditafsir 200 juta lebih. 

"diharapkan agar lebih berhati-hati apa lagi dimusim memarau, tentu rawan terjadinya kebakaran," tegas Aman Munir 

Diketahui sejumlah personal Polsek Monta, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Bima, serta aparatur desa setempat turun langsung di lokasi kejadian. (RED) .

No comments

Powered by Blogger.