Dinas DPMdes Laksanakan Sosialisasi Program Batas Desa di Tonda

Keterangan foto: Sosialisasi Pelaksanaan Penetapan Dan Penegasan Batas Desa Di Tonda. 


BIMA, KabaroposisiNTB. COM_ Sosialisasi Pelaksanaan Penetapan dan Penegasan Batas Desa Pemerintah Desa di kabupaten Bima telah dilaksanakan dinas DPMDes hingga akhir Juli ini. 

Tahapan sosialisasi dilakukan pihak dinas telah berlangsung beberapa hari, " kata Kabid Syamsulrizal S. Sos, saat sosialisasi di desa  Tonda, kecamatan Madapangga, Jumat (12/7). 

Kepala dinas DPMdes Kamaruddin, S. Sos diwakili oleh Syamsulrizal menjelaskan kegiatan ini diawali Sosialisasi, pengumpulan dokumen( peta), Peta dasar (batas). Menarik garis berdasarkan versi desa masing-masing. Lalu Tahapan Musyawarah untuk mencari jalan tengah sekiranya batas desa yang termuda. 

Selain itu, hasil kesepakatan selama ini untuk  turun cek di lapangan lalu dipatok sementara hingga dibuat batas permanen yang akhirnya akan dilakukan oleh pemda untuk Penyusunan Perbub dan tetap koordinasi dengan pemdes sebagai pedoman masyarakat kedepan untuk batas desa. 


Ditambahkan lagi, aturan dasar menjadi pedoman yakni batas alam diantaranya sungai, punggung bukit dan Batas buatan yakni dari jalan tani dan pagar. 


"Dari tujuh item kegiatan diatas akan dilakukan kita selama program ini untuk dijadikan acuan kedepan, " tuturnya. 


Sementara kades Tonda Arif Fahmi menyambut baik kegiatan ini. Pasalnya batas desa sangat penting. Program ini juga menggunakan dana desa (DD), " ungkapnya. 


"Ia berharap dengan program ini terselesaikan dengan baik masalah batas ini kedepan, " harapnya. 


Pada kegiatan sosialisasi masyarakat menyambut bahagia dan ikut hadir di aula kantor desa untuk mengikuti kegiatan dari Rt, Rw, toga, toma, camat, babinsa, bhabinkamtibmas. (RED)

No comments

Powered by Blogger.