HMS Gelar Bimtek Tanaman Semusim dan Tahun Untuk Pengembangan Produksi Pangan Kota Bima

Foto: Kegiatan Bimtek HMS di kota Bima. 


KOTA BIMA, KabaroposisiNTB. COM_Demi untuk pengembangan produksi pangan di Kota Bima,Dr.H.Muhammad Syafrudin ST.MM anggota DPR RI Komisi IV dari Fraksi PAN Daerah Pemilihan NTB 1 Pulau Sumbawa membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Tanaman Semusim dan Tahun, bertempat di Dusun Tabata Kelurahan  Nungga Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima,pada 5 juli 2024.

Program tanaman semusim ini merupakan program Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian yang dihadiri Kepala Dinas Pertanian Kota Bima Ir.H.Sarafuddin,MM dan Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kota Bima Syafruddin, SP. dan  hadir pula para kelompok tani dan penyuluh.


 "Kita juga ingin perhatian ke perkebunan , karena kita ingin petani tidak hanya fokus pada ketahanan pangan tapi bisa juga menggarap lahan lahan perkebunannya yang punya potensi terutama tanaman semusim, tanaman rempah dan kopi ” kata H.Muhammad Syafrudin akrab disapa HMS 


HMS mencontohkan misalnya terong, tomat, sawi, cabai, bunga kol dan lain-lain untuk tanaman semusim untuk tanaman rempah seperti Jahe, Kunyit, dan lain-lain.Sedang tanaman tahunan berupa lengkeng, jambu air, jambu biji kristal, srikaya jumbo, buah naga, pepaya calina dan lainya.


" Kenapa bimbingan teknis Tanaman Semusim dan Tahun di laksanakan di Dusun tabata,karena tabata itu salah satu kelurahan yang masyarakat nya menanam kopi ,maka kita arahkan di situ agar masyarakat tambah semangat dalam melakukan penanaman dan pengembangan kopi," tegas HMS


Sementara itu Staf HMS Jakaria menambahkan, HMS sebagai anggota DPR RI Komisi IV hadir memberikan materi kemudian menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk mendukung atau mendorong agar masyarakat lebih giat lagi dalam melakukan penanaman tanaman setahun dan semusim,dan juga memberikan semangat agar masyarakat mengembalikan fungsi hutan.


"HMS berharap dalam sektor pertanian dan perkebunan bisa seiring atau sejalan agar masyarakat mampu mandiri dan meningkatkan penghasilan sehingga menumbuhkan perekonomian dan sejahtera, " pungkasnya (RED).

No comments

Powered by Blogger.